Musim Kemarau Diperkirakan Bakal Berkepanjangan, Petani di Jember Mulai Bangun Sumur

ifta - Jumat, 26 Mei 2023 11:20 WIB
musim kemarau diperkirakan akan berkepanjanga. Sejumlah petani di Jember mulai siaga

Jember, Halojatim.com- Musim kemarau sudah dekat, ancaman kekeringan juga di depan mata.

Kini sejumlah petani di Jember mulai dibuatkan sumur sebagai sumber pengairan saat musim kemarau tiba.

Pemerintah Kabupaten Jember, melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (DTPHP), telah memulai pembuatan sumur untuk mengairi persawahan.

Titik pertama pembangunan sumur tersebut berada di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu.

Bupati Jember, Hendy Siswanto menyampaikan arahan yang diterima dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengenai fenomena El Nino atau kemarau berkepanjangan yang akan dihadapi oleh Indonesia.

Menteri Pertanian memberi pesan kepada para kepala daerah untuk memperkuat sektor pertanian di wilayah masing-masing dan mengambil langkah-langkah antisipatif.

Salah satu langkah antisipatif yang dilakukan oleh DTPHP Jember adalah membangun sumber air berupa sumur dengan kedalaman yang cukup, kemudian air dari sumur tersebut disimpan di tandon dan disalurkan ke persawahan.

Bupati Hendy juga menyatakan bahwa tidak hanya di Desa Sumberejo, namun ke depannya akan dibangun lebih banyak sumber air di seluruh Kabupaten Jember agar merata.

Bupati Hendy juga menyampaikan kepada para petani yang hadir bahwa Kementerian Pertanian telah menunjuk Kabupaten Jember sebagai daerah percontohan dalam menghadapi fenomena El Nino. ***

RELATED NEWS