MINTA STAN PASAR TURI DIBUKA 31 MEI NANTI

Andri - Senin, 08 Mei 2023 22:05 WIB
Pasar Turi Baru yang diharapkan segera kembali aktif

SURABAYA I halojatim- Pasar Turi adalah pasar legendaris di Kota Surabaya. Tapi, kebakaran membuat pasar itu sempat redup.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berkeinginan pasar itu bisa kembali seperti dulu. Sebelumnya, dia menyampaikan, salah satu jalan agar Pasar Turi Baru bisa kembali ramai seperti sedia kala adalah seluruh stan harus dibuka. Untuk itu, ia meminta kepada para pedagang agar dapat membuka seluruh stan Pasar Turi Baru pada 31 Mei 2023.

Pembukaan seluruh stan Pasar Turi Baru tersebut bukan tanpa alasan sebab dalam rapat koordinasi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan sebelumnya telah disepakati bahwa kontrak antara Pemkot Surabaya dengan pengelola Pasar Turi Baru, yakni PT Gala Bumi Perkasa, terhitung mulai tahun 2010 hingga 2035.

Ketika seluruh pedagang membuka stan pada 31 Mei 2023, maka setelah tahun 2035, mereka akan diberikan perpanjangan gratis sewa stan selama 15 tahun ke depan. Perpanjangan gratis itu diberikan Pemkot Surabaya setelah ikatan hukum dengan PT Gala Bumi Perkasa berakhir pada tahun 2035.

Kini, tingkat kunjungan Pasar Turi Baru di Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai mengalami tren kenaikan atau dalam satu bulan mencapai sekitar 90-95 ribu orang. Pasar Turi Baru terhitung sudah setahun lebih beroperasi sejak diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Maret 2022. Selama setahun lebih beroperasi, sudah banyak perkembangan yang dicapai Pasar Turi Baru. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS