Menperin akan Permanenkan PPnBM untuk Kendaraan dengan Local Content 80 Persen

Asih - Kamis, 09 Desember 2021 19:37 WIB
Menperin Agus Gumilang Kartasasmita saat melihat salah satu booth peserta pameran GIIAS 2021 Surabaya, Kamis (9/12/2021),

SURABAYA | halojatim.com - Pajak Pertambahan Nilai Barang Mewah (PPnBM) nol persen untuk kendaraan roda empat akan dipermanenkan. Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan akan memperjuangkan hal itu saat membuka secara resmi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 Surabaya, Kamis (9/12/2021).

Agus menegaskan akan menperjuangkan PPnBM itu untuk bisa permanen atau berlaku selamanya pada pemerintah. "Asalkan local content atau material lokalnya dari kendaraan itu harus minimal 80 persen. Kalau sudah begitu, saya akan berjuang untuk PPnBM," ujar Agus.

Selama ini pemerintah memberikan insentif PPnBM bagi masyarakat sebesar nol persen untuk kendaraan roda empat dengan local content sebesar 60 persen dan yang di bawah 1500cc. Ini dilakukan untuk menggairahkan kembali industri otomotif yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :

Dampak PPnBM nol persen ini sangatlah besar bagi industri otomotif. Itu diakui Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Heru Cahyono. Dikatakan Heru, sejak PPnBM diberlakukan otomatis penjuakan kendaraan di Jatim juga mengalami peningkatan. "Dan kontribusi ke pajak kendaraan bermotor di Jatim juga mengalami peningkatan," ungkapnya.

Sales and Marketing Director PT United Motor Center (UMC), Fredy Teguh mengaku setuju dengan pernyataan Menperin. PPmBM nol persen diberikan bagi kendaraan roda empat yang memiliki local content 80 persen.

"Menurut saya itu fair sehingga kita bisa lebih bangga dengan produk kendaraan dalam negeri. Saya setuju dengan pernyataan Menperin karena pabrikan mobil sekarang sudah sangat mumpuni memproduksi kendaraan dengan local content yang besar," jelasnya.

Editor: Asih

RELATED NEWS