Menkes Budi Mendoakan Uji Klinis Vaksin Merah Putih Berjalan Lancar

Asih - Selasa, 09 November 2021 19:01 WIB
Rektor Unair Prof Mohammad Nasih (kanan) menyerahkan seed vaksin Merah Putih pada CEO PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia FX Sudirman di sela Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-67 Unair, Selasa (9/11/2021).

SURABAYA | halojatim.com - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin yang ditemui dalam acara Rapat Senat Terbuka Dies Natalis ke-67 Universitas Airlangga (Unair), Selasa (9/11/2021) mengaku senang vaksin Merah Putih akan memasuki tahap uji klinis.

Tahap uji klinis satu pada manusia, Menkes minta Gubernur Khofifah untuk menyiapkan 100 relawan. Di tahap satu ini untuk menguji safety (keamanan)-nya.

Selanjutnya pada uji klinis dua di bulan berikutnya dengan disiapkan 400 relawan untuk melihat imunogenitasnya dan uji klinis tiga di bulan berikutnya lagi sebanyak 3 ribu relawan untuk melihat efektivitasnya.

Baca Juga :

https://halojatim.com/read/siap-diuji-klinis-unair-dan-rsu-dr-soetomo-buka-pendaftaran-relawan-vaksin-merah-putih

"Saya doakan mudah-mudahan lancar hingga semester kedua tahun depan sudah bisa diproduksi. Semua butuh bantuan Ibu Gubernur (Khofifah, red) karena ini dilakukan di Surabaya," ungkapnya.

Budi mengaku bangga dengan Unair yang bisa mengembangkan vaksin untuk Covid-19. “Semoga sukses,” ungkapnya yang juga menyaksikan penyerahan seed vaksin Merah Putih dari Unair ke PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia.

Seperti diketahui Unair sedang menunggu rekomendasi BPOM untuk uji klinis vaksin. Setelah sebelumnya Unair sukses melakukan uji preklinis pada hewan coba Makaka.

Editor: Asih

RELATED NEWS