Mau Tukar Uang Drive Thru? Daftar Dulu di Aplikasi Pintar, Ini Caranya

Asih - Kamis, 30 Maret 2023 06:02 WIB
Penukaran uang drive thru di halaman kantor Bank Indonesia Jawa Timur.

SURABAYA | halojatim.com - Antusiaisme masyarakat menukar uang drive thru di halaman kantor Bank Indonesia Jawa Timur setiap Sabtu - Minggu sangat tinggi.

Seperti diketahui, BI Jatim memberikan layanan penukaran drive thru dan layanan penukaran uang saat Ramadan bersama dengan perbankan sejak 25 Maret lalu. Selain di konter perbankan di hari kerja, juga menyediakan kas keliling yang akan berhenti di pos-pos tertentu.

Program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 untuk layanan drive thru pada dua hari pertama di 25-26 Maret melayani 2.000 paket per hari. Satu paket senilai Rp 3,8 juta untuk 1 orang penukar.

BACA JUGA :


Tingginya antusiasme masyarakat terhadap layanan drive thru ini, membuat BI Jatim berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan (service level) agar masyarakat dapat menukar dengan nyaman, aman serta mendapat kepastian layanan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto mengatakan berdasarkan evaluasi minggu pertama druve thru minggu lalu, BI Jatim memutuskan untuk menyesuaikan mekanisme layanan pada periode 1-2 April 2023 dan minggu berikutnya.

"Pertama BI Jatim akan menambah kuota penukaran hingga 25% menjadi 2.500 penukar/ hari," kata Budi.

BI Jatim akan mengutamakan calon penukar layanan drive thru yang telah melakukan pemesanan di aplikasi PINTAR dengan alamat https://pintar.bi.go.id. Penukar yang mendaftar di aplikasi ini diutamakan dengan kuota sebanyak 75% dari total layanan per hari.

Pemesanan melalui aplikasi dapat dilakukan H-2 dari tanggal layanan drive thru di setiap minggunya sepanjang kuota masih tersedia.

Sebagai contoh, untuk layanan drive thru penukaran uang 1 April 2023, pemesanan melalui aplikasi PINTAR baru dapat diakses sejak
Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 WIB.

Pada waktu yang sudah dipilih, penukar PINTAR dapat datang ke lokasi penukaran dengan membawa print out /screenshoot bukti pemesanan disertai dengan KTP Asli penukar.

Jika penukar menerima titipan dari penukar lain, dibatasi maksimal tiga bukti pemesanan dan dapat menunjukkan KTP asli penukar yang menitip.

Layanan Drive Thru Penukaran Uang menerima penukaran baik secara tunai maupun non tunai menggunakan QRIS.

Bagi masyarakat yang tidak memperoleh kuota penukaran melalui aplikasi PINTAR tetap akan dilayani namun dengan kuota penukaran yang terbatas atau masyarakat dapat mencoba pemesanan PINTAR periode minggu berikutnya.

Masyarakat juga dapat melakukan penukaran pada outlet-outlet bank yang telah diberikan tanda khusus berupa Spanduk Layanan Penukaran Uang dengan jadwal Bank Umum : Selasa, Rabu, Kamis pukul 08.30 – 11.30 WIB. BPR : Senin dan Jumat, pukul 08.30 – 11.30 WIB.

Editor: Asih

RELATED NEWS