Mau Mudik ke Yogyakarta? Sudah Bisa Lewat Tol Lho!

Asih - Senin, 27 Februari 2023 20:16 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimoeljono bersama Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau jalan tol Solo-Yogya. (dok/Humas Prov Jateng)

YOGYAKARTA | halojatim.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimoeljono menuturkan, untuk tol seksi 1.1 ditargetkan dapat digunakan secara fungsional sebagai jalur Lebaran 2023.

Tepatnya, sekitar enam kilometer dari interchange Kartasura, dan keluar di sekitar Desa Sawit. Pembukaan secara fungsional itu untuk memecah kemacetan yang sering terjadi di Kartasura selama Lebaran.

“Untuk fungsional akan segera kami selesaikan dan siapkan untuk mudik, sehingga bisa mengatasi kemacetan di Kartasura. Untuk fungsional belum sampai Klaten,” tuturnya saat meninjau progres pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta, tepatnya di interchange seksi 1 ruas Tol Solo-Klaten bersama Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati serta Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Senin (27/2/2023).

Menurut Basuki, terkait seberapa besar dampak mengurai kemacetan, dia menjelaskan ada beberapa faktor. Di antaranya adalah tingkat kepadatan lalu lintas.

“Tergantung kepadatannya. Selalu saya bilang, kalau yang namanya transportasi itu selalu berdasarkan prasarananya, regulasi, pengaturannya, dan perilaku pengendara. Kalau saling mepet nanti jadi stuck, kalau antre akan bisa jauh lebih lancar. Pasti memecahkan kemacetan,” tuturnya.

BACA JUGA :

Perlu diketahui, sejumlah titik yang masuk paket satu seksi 1.1 sudah selesai dilakukan pengerasan jalan pada Januari lalu. Paket satu seksi 1.1 sejauh 22,3 kilometer dan menjadi jalan tol penghubung dengan tol Semarang-Solo. Jalan itu menyambungkan tol Semarang-Solo sampai wilayah Exit Ngawen, Klaten. (-)

Editor: Asih

RELATED NEWS