Mahasiswa FK Unair Borong Medali Olimpiade SIMPIC di Thailand

Asih - Selasa, 07 Maret 2023 19:58 WIB
Mahasiswa FK Unair yang berjaya di ajang Olimpiade SIMPIC di Thailand.

SURABAYA | halojatim.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) kembali menorehkan prestasi.

Empat Dokter Muda (DM) berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu sekaligus juara 2 kategori tim dalam SIMPIC yang diselenggarakan pada 4-5 Maret 2023.

SIMPIC sendiri merupakan Olimpiade Mikrobiologi, Imunologi dan Parasitologi yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Siriraj, Universitas Mahidol, Thailand. Yang menjadi juara 1 adalah tim tuan rumah sendiri yakni Universitas Khon Kaen.

BACA JUGA :


Empat mahasiswa ini antara lain Muhammad Yasir Syafa'atulloh, Marselia Febriyanti Sihotang, Garuda Nusantara Putra Utomo dan Maulana Bagus Adi.

Mendapatkan juara dua dari 50 tim dari berbagai kampus dunia disyukuri oleh Ketua Tim FK Unair, Maulana Bagus Adi.

"Kami bersyukur masih diberi kesempatan menang. Soalnya sulit dan sangat bervariasi," ujarnya, Selasa (7/3/2023).

Bagi Maulana dan tim, dari tiga topik yang dilombakan, materi imunologi yang ia anggap tersulit. Hal ini karena materi ini membutuhkan banyak hafalan. Apalagi, sebenarnya tiga materi ini tidak menjadi mata kuliah di kampus.

"Di FK Unair yang kami pelajari lebih ke praktisnya. Sehingga untuk olimpiade, kami belajar teori dari buku referensi yang diberikan," ujarnya.

Maulana bersyukur, perjuangan timnya selama tiga bulan mempersiapkan diri mendapatkan hasil yang sepadan.

Lebih dari itu ia berterima kasih kepada dr Manik Retno Wahyunitisari yang telah memberikan bimbingan hingga sampai ke titik ini.

Juga dr Priyo Budi Purwono, dosen FK Unair yang sedang menempuh S3 di Uviversitas Mahidol yang telah mendampingi selama di Thailand.

"Pimpinan FK Unair pun memberikan dukungan yang luar biasa. Kami diberi kesempatan meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik," ungkap Maulana.

Editor: Asih

RELATED NEWS