LUNCURKAN KA BARU JELANG LIBUR NATARU

Andri - Jumat, 25 November 2022 22:57 WIB
Jalur Banyuwangi-Semarang akan dilayani dengan KA Blambangan

SURABAYA I halojatim.com – Masyarakat semakin dimanjakan dalam bepergian. Warga Banyuwangi bisa langsung pergi dengan moda transportasi kereta api ke Semarang, Jawa Tengah.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan KA baru yaitu KA Blambangan Ekspres dengan rute Banyuwangi - Semarang pulang pergi (PP). Peluncuran ini dilakukan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023."KA Blambangan Ekspres merupakan kereta pertama yang KAI operasikan dari wilayah Banyuwangi, Jember menuju Surabaya, Cepu, hingga Semarang," kata Manager Hukum dan Humas Daop 9 Jember Azhar Zaki Assjari.

Hadirnya kereta tersebut, katanya, untuk mempermudah masyarakat dari arah Banyuwangi, Jember, Probolinggo di wilayah Daop 9 menuju Surabaya hingga Semarang. Sebelumnya tidak ada perjalanan KA untuk rute tersebut.

"Hadirnya KA itu akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin bepergian ke wilayah tersebut dengan transportasi yang aman, sehat, nyaman dan tepat waktu," kata Azhar.

Ia mengatakan nama KA Blambangan Ekspres berasal dari salah satu nama kerajaan yakni Kerajaan Blambangan. Yang merupakan kerajaan Hindu yang berlokasi di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Semenanjung Blambangan di ujung timur Pulau Jawa dan berdiri di akhir masa Kerajaan Majapahit yakni pada abad ke-13 Masehi hingga abad ke-18 Masehi.

"KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat gerbong eksekutif dan tiga gerbong ekonomi dengan total tempat duduk yang disediakan sebanyak 440 tempat duduk dalam sekali perjalanan," katanya.

Untuk memperkenalkan hadirnya KA baru itu, kata dia, KAI memberikan tarif promo mulai dari Rp150.000 untuk perjalanan KA Blambangan Ekspres. Tiketnya sudah dapat dipesan sejak 22 November 2022 di seluruh channel resmi penjualan tiket KAI.

"Pada tahap awal, KA Blambangan Ekspres akan beroperasi pada tanggal 2, 3, 4, 9, 10, 11, 16, 17, 18, dan 22 hingga 31 Desember 2022," katanya.

KAI memberikan diskon khusus kepada masyarakat untuk KA Blambangan Ekspres periode keberangkatan 2 hingga 18 Desember 2022 yakni tiket kelas eksekutif sebesar Rp250.000 dan kelas ekonomi Rp150.000. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS