Lahar Dingin Semeru Terjang Jembatan di Kawasan Lumajang, Jembatan Gantung Mulai Diusulkan

ifta - Sabtu, 17 Desember 2022 07:37 WIB
Sebuah jembatan di Limpas yang menjadi akses utama warga Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro Lumajang terputus.

Lumajang, Halojatim.com- Sebuah jembatan di Limpas yang menjadi akses utama warga Dusun Sumberlangsep, Desa Jugosari, Kecamatan Candipuro Lumajang terputus.

Putusnya jembatan ini akibat diterjang banjir lahar dingin yang terjadi dalam beberapa hari terakhir ini.

Kini mulai diusulkan adanya pembangunan jembatan gantung untuk mengantisipasi terjangan lahar dingin.

Dengan adanya jembatan gantung ini maka akses warga bisa tidak terganggu meski ada terjangan lahar dingin semeru.

Asisten Administrasi Sekda Kabupaten Lumajang, Nugroho Dwi Atmoko mengatakan, bahwa masyarakat yang akan melakukan aktivitas ke luar Dusun Sumberlangsep ataupun yang akan ke Dusun Sumberlangsep sementara tidak dimungkinkan.

"Kami mendapatkan informasi bahwa terjadi lagi banjir lahar dingin dengan amak 25 sampai 35 mm, itu menyebabkan kondisi jembatan limpas yang menghubungkan dusun sumberlangsep itu tergerus dan terputus dan hampir tidak bisa melewati," katanya dilansir dari laman resmi Pemkab Lumajang, Sabtu (17/12).

Menurutnya, kondisi tersebut sudah dilaporkan kepada pemerintah daerah untuk selanjutnya dilakukan penanganan darurat.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengusulkan kepada Kementerian PUPR, agar nantinya dapat dibangun jembatan gantung sebagai akses warga sehingga warga tidak lagi khwatir jika terjadi banjir lahar dingin.

"Kita sudah berkoordinasi dengan pihak terkait, kemudian kita juga mengusulkan untuk dibuatkan jembatan gantung seperti yang ada di kebondeli selatan sebagai akses masyarakat, sementara jembatan limpas digunakan untuk bangunan teknis di sungai," ungkapnya. ***

RELATED NEWS