KOTA MADIUN DAPAT DUA PENGHARGAAN DARI KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP

Andri - Rabu, 30 Agustus 2023 09:05 WIB
Wali Kota Madiun bersama dua penghargaan yang diterima

MADIUN I halojatim.con - Kerja keras Pemerintah Kota Madiun membuahkan hasil. Dua penghargaan Nirwasita Tantra 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) diterima atas keberhasilan mengimplementasikan kebijakan pembangunan berkelanjutan untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah itu.

"Ya, alhamdulillah kita berhasil lagi meraih Nirwasita Tantra. Tahun ini ada dua penghargaan. Ini semua berkat kerja keras OPD terkait dan masyarakat Kota Madiun," kata Wali Kota Madiun Maidi di Madiun.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar kepada Wali Kota Madiun Maidi di Auditorium Dr. Ir. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK di Jakarta. Kedua penghargaan yang diraih tersebut, untuk Kota Madiun sebagai entitas pemerintahan kategori kota kecil terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah 2022, serta penghargaan kepada Wali Kota Maidi sebagai kepala daerah kategori kota kecil terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan daerah.

Maidi mengatakan Kota Madiun telah tiga kali berturut-turut meraih dan mempertahankan penghargaan Nirwasita Tantra dari Kementerian LHK tersebut sejak 2020, berlanjut pada 2021, hingga 2022. Ia mengatakan tidak mudah mendapatkan dan mempertahankan penghargaan Nirwasita Tantra selama tiga tahun berturut-turut.

Namun, kata dia, hal itu tak lepas dari konsistensi OPD terkait dalam menjalankan perintah dengan baik dan masyarakat andil dan ikhlas mendukung kebijakan Pemkot Madiun untuk membangun kota berwawasan lingkungan. Kota Madiun dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut karena kepala daerah memperhatikan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Sejumlah kebijakan dan program yang telah dilaksanakan untuk mewujudkan kota berwawasan lingkungan, di antaranya penanaman tanaman di pusat hingga pinggiran kota, Program Kampung Iklim (Proklim) di setiap kelurahan, Adiwiyata, Pekarangan Pangan Lestari (P2L), penanaman pohon untuk bayi yang baru lahir, serta kebijakan tebang satu pohon diganti 15 bibit baru. (*)

Editor: Andri
Tags #walikotamaidiBagikan

RELATED NEWS