KESEBELASAN JATIM BAKAL KESULITAN DI PON 2024

Andri - Sabtu, 24 Agustus 2024 17:15 WIB
Penyerang PON Jatim 2024 Muhammad Dwi mencoba melewati bek PON Papua Barat dalam pertandingan uji coba di Sidoarjo.

SIDOARJO I halojatim.com – Kesebelasan PON 2024 Jawa Timur membawa bekal berharga sebelum berangkat. M. Yoga Pratama dkk memetik kemenangan 3-1 atas Papua Barat dalam pertandingan uji coba di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Kamis sore (22/8/2024).

Tiga gol kemenangan Jatim di cetak Ranoo Jutati, Aqsa Al Ayubi dan Ahmad Dwi Firmansyah. Sedangkan gol semata wayang lawan dihasilkan Yotam Malakabu.

Meski memetik kemenangan namun permainan Jatim masih mengkhawatirkan. Bagaimana tidak, di babak pertama, anak asuh Fakhri Husaini tersebut gagal menjebol gawang lawan. Padahal, Papua Barat secara fisik kalah bugar.

Sebab, mereka kurang istirahat setelah menempuh perjalanan 7 jam dari Jogja. Ya, Papua Barat memang menjalani pemusatan latihan di Kota Gudeg, julukan Jogja.

‘’Kami berangkat dari Jogja jam 4 pagi. Sampai di Sidoarjo jam 11.00,’’ ungkap Pelatih Papua Barat Masdra Nurriza usai pertandingan.

Diakuinya, mental anak asuhnya jatuh saat Jatim bisa mencetak gol pertama di babak kedua dari tendangan penalti. Hukuman tendangan 12 pas itu diberikan wasit Hilmi setelah menganggap ada pelanggaran yang dilakukan pemain Papua Barat di kotak terlarang.

‘’Cukup disayangkan adanya penalti itu. Mau bagaimana lagi, wasitnya kan juga dari sini (Sidoarjo),’’ keluh Masdra.

Akibatnya, mental pemain Papua Barat, lanjut Masdra, terpengaruh. Imbasnya, dua gol kembali bersarang di timnya usai Ranoo menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penendang penalti.

‘’Hanya, saya prediksi Jatim kalau bermainnya seperti tadi, mereka akan mengalami kesulitan. Saya bisa berkata seperti ini karena Papua Barat pernah menghadapi Papua dan Papua Pegunungan, dua tim yang menjadi lawan Jatim di babak penyisihan grup PON 2024,’’ ungkap pelatih asal Bojonegoro itu.

Usai pertandingan, Papua Barat langsung berkemas dan kembali ke Jogja. Rencananya, Masdra dan anak ddiknya akan ke Jakarta untuk menjalani uji coba sebelum bertolak ke PON 2024 yang dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara.

Bagi Jatim, kemenangan ini menjadi kemenangan keduanya secara beruntun. Pekan lalu, mereka menang 3-0 atas tim lokal, Army FC. Hasil yang memang sudah layak diterima karena kualitas lawan memang jauh di bawah. Hanya ketika itu, mereka harus bersusah payah hingga menit ke-42 untuk bisa mencetak gol pertama.

Hanya, ketika bertemu kesebelasan tangguh, Jatim dua kali menelan kekalahan beruntun. Itu terjadi ketika berjumpa dengan tim Liga 2, Bhayangkara FC dan Persikat Tegal dengan hasil kalah dengan skor sama 1-2. (*)

Editor: Andri
Tags #ponjatimBagikan

RELATED NEWS