Keren, Festival 76 IAK 2023 Jadi Ajang Kreativitas Anak Muda dan UMKM Pasuruan

Asih - Kamis, 02 November 2023 09:31 WIB
Penyanyi Anji menutup acara Festival 76 Kita Adalah Indonesia di Pasuruan.

PASURUAN | halojatim.com - Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 berlangsung meriah di Gor Untung Suropati Pasuruan, sejak Sabtu (28/10) siang hingga malam hari.

Anak-anak muda dari berbagai komunitas beraksi dengan kreativitas masing-masing, seperti dari mural, skateboard, BMX, stand up comedy, dance, hingga barbershop, freestyle komunitas trail, dan aktivitas khas anak muda lainnya.

Selain komunitas dan anak-anak muda dari Pasuruan, anak muda dari kota Malang juga turut hadir untuk mendukung dan memeriahkan festival anak muda ini.

Dalam Festival 76 Indonesia Adalah Kita (IAK) 2023 ini juga disediakan stand-stand khusus UMKM asal Pasuruan. Terlihat ada puluhan stand UMKM yang terdiri dari berbagai industri rumahan, seperti makanan-minuman, kemudian kerajinan, olahan produk khas desa-desa di Pasuruan dan produk lainnya. Termasuk juga dari perwakilan 76 Heppiii Community Pasuruan yakni dari Kecamatan Purworejo, Pantura Bangkit, dan Aruna Seroja.

Kemudian nampak juga stand-stand UMKM yang dikelola Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasdra) yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan lokal setempat.

Cukup menonjol juga stand clothing di kota ini yakni Pasoeroean Clothing yang banyak dipenuhi anak-anak muda. Clothingan yang merupakan khas karya anak muda ini juga banyak menyediakan produk-produk keren.

Koordinator Festival 76 Indonesia Adalah Kita di Pasuruan Eliana Soetanto mengatakan festival ini diperuntukkan untuk anak-anak muda kreatif agar terus beraksi memberikan hal-hal positif untuk negeri serta daerahnya masing-masing. Festival ini juga untuk mengembangkan UMKM lokal setempat agar lebih dikenal dan berkembang.

"Sesuai dengan tagline festival ini adalah Stop Gengsi Banyakin Aksi. Karena itu anak-anak muda dan komunitas ini melakukan aksinya dengan kreativitas masing-masing. Ada yang seni, ada musik, ada olahraga seperti BMX, ada stand up comedy, ada juga UMKM, dan banyak kegiatan kreatif anak muda lainnya," ungkapnya pada Sabtu (29/10).

Panitia kata dia juga menyediakan VW (volkswagen) untuk dijadikan tempat mural, pesertanya selain dari Pasuruan juga ada dari Malang. Pada pagi dan siang juga ada rolling thunder komunitas mobil klasik VW, lalu sore ada penampilan musik dari band-band lokal serta ada penampilan bintang tamu Anji, kemudian Klantik, lalu Jihan Audy, Kos Atos dan penampilan lainnya.

Bintang tamu Anji juga mengapresiasi kegiatan Festival 76 Indonesia Adalah Kita di Pasuruan, dia mengajak anak muda untuk terus memberikan karya-karya terbaik mereka.

"Jadi stop gengsi banyakin aksi. Anak-anak muda harus selalu kreatif, fokus pada karya. Jangan pikirkan omongan (negatif) dari orang lain, karena kadang orang lain juga tidak mikir saat ngomong (negatif). Terima kasih untuk tim Festival 76 Indonesia Adalah Kita," kata dia yang disambut ribuan anak muda yang datang.

Festival ini digelar serentak di enam kota, yakni Pasuruan, Madiun, Sidoarjo, lalu Solo, Semarang, dan Purwokerto.

Festival IAK ini merupakan puncah dari kegiatan roadshow IAK di tahun 2023 ini yang telah dilaksanakan anak-anak muda di kota lain di Jawa Timur dan Tengah, yakni di Jawa Tengah ada di kota Purwokerto, Kebumen, Solo, Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Lalu Jawa Timur ada di kota Madiun, Jombang, Pasuruan, Malang, Sidoarjo, dan Surabaya.

Editor: Asih

RELATED NEWS