Kepala BRIN : Kebun Raya Mangrove Surabaya Unik dan Harus Dijaga

Asih - Rabu, 26 Juli 2023 21:16 WIB
Megawati Soekarno Putri menandatangani prasatri Kebun Raya Mangrove Surabaya.

SURABAYA | halojatim.com - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Laksana Tri Handoko mengungkapkan Kebun Raya Mangrove Surabaya memiliki keunikan dari flora dan fauna.

Maka, Handoko menyebut Kebun Raya Mangrove pertama di RI ini harus dikelola dengan baik dan konsisten.

Hal itu diungkapkan oleh Handoko saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Kebun Raya Mangrove Surabaya, Gunung Anyar, Jawa Timur, Rabu (26/7/2023).

Hadir langsung dalam acara itu, Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

BACA JUGA :

"Ini kebun raya yang terunik dan harus dikelola dengan baik dan konsisten. Ini salah satu (Kebun Raya Mangrove) yang terbaik. Selama untuk warga Surabaya," kata Handoko.

Handoko mengungkapkan, bahwa Kebun Raya yang dibangun sejak zaman Wali Kota Tri Rismahari ini adalah pusat konservasi habitus.

Sehingga, tak menutup kemungkinan kawasan tersebut menjadi tempat keanekaragaman hayati tumbuh dan berkembang.

"Jadi kebun raya ini, satu-satunya tools kita menjaga. Karena negara kita itu adalah tempat biodiversitas (keanekaragaman hayati) terbesar darat dan laut di dunia," terang dia.

Handoko juga menyebut, pihaknya terus mengembangkan riset bagaimana memanfaatkannya menjadi bentuk obat dan pangan dengan teknologi canggih dari kekayaam hayati yang ada di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

"Kami berkomitmen mendampingi kebun raya seluruh Indonesia. Semoga ke depan Kota Surabaya dan warganya dapat terus konsisten memelihara, dan terus mengupgrade tanaman di kebun raya ini," jelas dia.

Diketahui, Megawati meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya.

Hadir dalam acara itu antara lain Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Hadir juga dalam acara ini Ketua Bidang Kelautan, Perikanan, dan Nelayan DPP PDI Perjuangan (PDIP) Rokhmin Dahuri, dan Made Urip.

Tampak juga di lokasi anggota DPR RI Fraksi PDIP Puti Guntur Soekarno, pengurus DPD PDIP Jatim Budi 'Kanang' Sulistyono hingga putri Ketua DPR RI Puan Maharani, Diah Pikatan Orissa Putri Hapsari.

Editor: Asih

RELATED NEWS