KEMBALI KIRIM PEMAIN SURABAYA KE LIVERPOOL PADA 2024

Andri - Kamis, 22 Juni 2023 10:10 WIB
Stadion Anfield yang menjadi markas Liverpool FC. Kota Surabaya mempunyai kerja sama dengan Kota Liverpool, salah satunya di sepak bola.

SURABAYA I halojatim.com - Liverpool dikenal sebagai kota sepak bola di Inggris. Di kota pelabuhan tersebut ada dua klub besar, LIverpool dan Everton.

Saat ini, Pemerintah Kota Surabaya punya hubungan yang baik dengan Kota Liverpool. Untuk itu, dalam r pertemuan dengan Kedutaan Besar Inggris, keduanya membahas perkembangan kerja sama.Di antaranya terkait program pelatihan sepak bola bagi para pesepakbola muda.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, beberapa tahun ke belakang pemerintah kota setempat sempat mengirimkan pesepakbola muda berbakat untuk berlatih di akademi klub sepakbola Liverpool. "Termasuk program pelatihan sepak bola kemarin yang terhenti ke Liverpool karena Covid-19 akan kami kirim lagi ke sana untuk ikut pelatihan di sana," kata Eri usai menggelar pertemuan dengan Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen John Jenkins di Balai Kota Surabaya.

Kata dia, sesuai rencana, program pelatihan sepak bola itu bakal kembali digelar pada tahun 2024. Saat ini, lanjut dia, Pemkot Surabaya dan Liverpool masih harus melakukan pembahasan lanjutan.

"Kalau yang di Liverpool tahun depan, tetapi kami akan ada perpanjangan dulu dengan Liverpool," ujarnya.

Harapannya pemain muda Kota Surabaya akan mendapatkan ilmu dan pengalaman berlatih di Liverpool. Ke depannya, ilmu dan pengalaman tersebut akan berguna ketika masuk Persebaya Surabaya.

Di ajang kompetisi sepak bola di Inggris, Liverpool dan Everton berada di kompetisi teratas alias Premier League. Prestasinya, Liverpool menjadi klub dengan 19 gelar liga tertinggi di Inggris dan 6 kali juara Liga Champions Eropa serta 1 kali juara dunia antarklub dunia. Sedangkan Everton FC, sembilan kali juara kompetisi tertinggi di Inggris. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS