Kegiatan Merdeka Heppiii Diisi dengan Pesta Rakyat,  dari Hias Desa, Bagi Hadiah, hingga Bazar

Asih - Rabu, 16 Agustus 2023 18:28 WIB
Kegiatan menghias desa yang digagas Heppiii Community dalam rangka Merdeka Hepliii.

SURABAYA | halojatim.com - Kegiatan bertajuk Merdeka Heppiii digelar serentak di ratusan desa di wilayah Jawa Timur dan sebagian di Kalimantan sepanjang Agustus 2023.

Dalam Kegiatan yang diinisiasi oleh karang taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community ini akan diisi dengan kegiatan-kegiatan membangun desa, seperti pengecatan gapura, termasuk juga pemasangan lampu di ratusan desa tersebut.

Koordinator Heppiii Community Ronald Theo Lesmana mengatakan, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk terus membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. Heppiii Community kata dia selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing.

BACA JUGA :

"Selain akan ada perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, kemudian pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran (pesta rakyat) seperti penampilan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga diisi dengan kemeriahan Kemerdekaan, lomba-lomba, kemudian gerak jalan, upacara bendera, dan kegiatan yang sifatnya meningkatkan kerukunan dan kebersamaan warga desa," ungkapnya pada Rabu (16/8/2023).

Menurut pria yang biasa disapa Ronald oleh warga desa ini menyebutkan, kegiatan ini diikuti oleh warga desa di 17 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur seperti di Banyuwangi ada 17 desa, kemudian Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 10 desa, kemudian Madiun 17.

Lalu Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 16, Tuban 3 desa. Lalu wilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa.

Dilansir dari akun instagram Kolaborasikitacom, ratusan desa di berbagai kota dan kabupaten di Jatim dan Kalimantan akan menggelar tasyakuran dan pesta rakyat. Kegiatan ini akan diisi penampilan seni, pengajian, panggung hiburan, bazar UMKM, berbagai perlombaan dan kegiatan positif lainnya.

Kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah lanjutan dari Ramadan Heppiii, lalu ada Pasar Heppiii, dan kini berlanjut Merdeka Heppiii. Jika ditotal sudah ada ribuan titik lampu yang dipasang di ratusan desa sampai dengan kegiatan Merdeka Heppiii bulan Agustus 2023 ini. Rata-rata satu desa atau satu dusun ada yang memasang 10 sampai 15 lampu, ada juga yang di angka 20 sampai 34 lampu. Jumlah tersebut dikali lebih dari 100 desa.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga desa yang tergabung dalam karta Heppiii Community. Ronald juga mengapresiasi para perangkat desa yang terus mensupport kegiatan tersebut.

Sementara itu di sejumlah daerah di Jatim seperti Ponorogo, Jombang, Probolinggo, Kediri sudah mulai menyiapkan kegiatan tersebut. Warga desa di daerah ini juga sudah mulai melakukan pendataan titik pemasangan lampu, termasuk melakukan pengecatan gapura.

"Untuk Jombang sudah mulai menyiapkan acara-acara pesta rakyat, ada festival layang-layang, ada panggung kesenian, ada karnaval, ada hiburan musik, termasuk menyiapkan doorprize di acara nanti untuk warga. Nanti juga akan ada penambahan pemasangan titik lampu baru desa-desa di Jombang," kata Koordinator Kegiatan Merdeka Heppiii di Jombang, Harris.

"Untuk Kediri juga sudah mulai disiapkan untuk kemerdekaan ini, warga sudah mulai melakukan penataan gapura, seperti pengecatan," jelas Koordinator Kegiatan Merdeka Heppiii di Kediri, Dian Hanafi.

Editor: Asih

RELATED NEWS