KE PALESTINA, KRI DR RADJIMAN DICAT PUTIH

Andri - Kamis, 23 November 2023 21:30 WIB
KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 berganti warna. PT PAL melakukan pengecatan

SURABAYA I halojatim.com - KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 berganti warna. PT PAL melakukan pengecatan dan perawatan sekunder pada untuk kesiapan melaksanakan misi kemanusiaan di Palestina sebagai Kapal Bantu Rumah Sakit. Pelaksanaan pengerjaan KRI dr Radjiman Wedyoningrat-992 dilaksanakan di Graving Dock Irian, PT PAL, Surabaya.

"Pengecatan, cek baling-baling, radar, semua dilakukan, kemudian pembersihan," kata CEO PT PAL Kaharuddin Djenod di anjungan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992.

Kaharuddin mengatakan pihaknya sama sekali tak mendapatkan kendala apapun dalam pelaksanaan perawatan. Sebab, secara keseluruhan, kondisi kapal tersebut masih sangat mumpuni dan KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 juga terbilang baru.

"Kapal ini baru lahir tahun lalu jadi masih sangat prima. Sehingga perbaikan itu bukan pada main equipment (peralatan utama)," katanya.

Di tempat sama, Komandan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 Kolonel Laut (P) Bayu Dwi W mengatakan pengecatan warna putih yang dilakukan merupakan langkah penyesuaian pada hasil Konvensi Jeneva. Katanya, peraturan internasional di Jeneva, setiap kapal rumah sakit diwajibkan memakai warna putih.

Bayu mengatakan, kapal tersebut jika difungsikan di kondisi darurat. Seperti halnya kondisi perang di Palestina, maka bisa memuat hingga ratusan pasien.

"Seperti kondisi saat ini 450 dengan menggunakan tambahan veil bed," katanya.

Kapal Bantu Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 juga dilengkapi berbagai fasilitas layanan medis yang setara dengan rumah sakit tipe C, seperti rontgen, x-ray, computed tomography (CT) scan, poli gigi, hingga laboratorium darah. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS