JATIM USULKAN 34.868 CALON HAJI

Andri - Kamis, 16 Februari 2023 22:50 WIB
Para calon haji saat hendak masuk pesawat dari Bandara Juanda Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Sebanyak 34.868 orang calon haji dari Jatim diupayakan berangkat 2023. Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur mengajukan ke pemerintah.

"Kuota jamaah haji Indonesia tahun ini ditetapkan sebanyak 221 ribu orang. Kami ajukan 34.868 dari Jatim," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Abdul Haris.

Katanya, Kanwil Kemenag Jatim telah melakukan tahapan verifikasi dokumen jamaah calon haji yang akan didaftarkan melalui Kantor Kemenag Pusat di Jakarta. Haris mengatakan daftar kuota yang disodorkan Kemenag Jatim diambil dari jamaah calon haji yang telah melunasi biaya haji di tahun 2020, yaitu sebanyak 15.094 orang.

Selain itu tercatat jamaah calon haji yang telah melunasi biaya haji di tahun 2022 sebanyak 1.904 orang. Jamaah lainnya diverifikasi berdasarkan urut porsi yang masuk kuota tahun ini, tercatat sebanyak 16.112 orang. Selain itu kuota calon haji kategori lanjut usia tahun ini ditetapkan sebesar lima persen dan dari Jatim tercatat sebanyak 1.758 orang.

"Jumlah keseluruhannya mencapai 34.868. Inilah yang kemudian kita sampaikan ke Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Pusat untuk menjadi dasar penetapan kuota haji Jatim," katanya.

Haris mengatakan jamaah calon haji asal Jatim tahun 2023 rencananya terbagi ke dalam sebanyak 79 kelompok terbang (kloter) Embarkasi Surabaya, yang dijadwalkan terbang ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, Embarkasi Surabaya tidak hanya melayani keberangkatan jamaah calon haji asal Jatim, melainkan juga dari Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Timur. Total keberangkatannya tahun ini kami bagi sebanyak 82 kloter,” kata Haris. (*)

Editor: Andri
Tags #kemenagjatimBagikan

RELATED NEWS