Jatim Tak Masuk 5 Daerah Rawan saat Coblosan, Ini Posisinya

ifta - Rabu, 07 Februari 2024 13:25 WIB
Posisi 5 Tingkat Kerawanan Tinggi Pemilu, Pemprov Kaltim Rakor Forkopimda 2024

Surabaya, Halojatim.com - Bawaslu telah mengeluarkan peringatan tentang daerah yang rawan terjadi gesekan saat pemilu.

Ada lima besar daerah yang rawan berdasarkan indek kerawanan sebuah daerah.

Apakah wilayah provinsi Jatim yang menjadi salahsatu wilayah terluas masuk lima besar daerah rawan?

Berdasarkan data yang dirilis Bawaslu terkait Indeks Kerawanan Pemilu Serentak 2024, Kaltim menempati posisi kelima daerah dengan tingkat kerawanan tinggi, setelah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Jawa Barat.

Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan menghadapi Pemilu 2024 ini tentunya seluruh pemangku kepentingan bersama-sama meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sinergi antara seluruh pihak.

Karena, lanjut dia, dengan kerja sama yang solid dan kolaboratif akan menjadi pondasi yang kuat demi suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024, yang tidak hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu saja tetapi juga pemerintah daerah dan aparat keamanan serta masyarakat.

“Sudah menjadi kewajiban bagi kita semua, untuk menjamin terlaksanannya Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil, sehingga terpilih pemimpin dan wakil rakyat yang amanah untuk kemajuan bangsa dan negara kita,” kata Akmal Malik dalam Rapat Koordinasi Forkopimda Se-Kaltim di Ballroom Novotel Balikpapan pada Selasa 6 Februari 2024.

Penilaian tersebut, ujar Akmal hendaknya menjadi penanda atau peringatan bagi semua pihak, baik pemerintah, partai politik, penyelenggara dan pengawas pemilu, aparat kemanan dan seluruh lapisan masyarakat untuk menjamin demokrasi nasional di Kaltim berjalan aman, damai dan berkualitas. ***

Tulisan ini telah tayang di ibukotakini.com oleh Ferry Cahyanti pada 07 Feb 2024

RELATED NEWS