Janji Janji Manis Capres soal Pemberantasan Korupsi, Masukkan Nusakambangan sampai Dimiskinkan

ifta - Rabu, 13 Desember 2023 07:45 WIB
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Basweda menghadiri debat perdana Capres di KPU, Selasa 12 Desember 2023

Surabaya, Halojatim.com - Beberapa harinlalu publik dibuat heboh dengan adanya koruptor yang meninggal di penjara, namun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

Kini terkait pemberantasan korupsi, Para Calon Presiden (Capres) mulai menebar janji janji manis jika mereka terpilih.

Terkait pemberantasan korupsi, ketiga capres terlihat galak dengan mengatakan akan memiskinkan para koruptor.

Capres juga berjanji akan memasukkan koruptor ke penjara paling menyeramkan, yakni Nusakambangan.

Hal itu disampaikan ketiga capres saat debat terbuka yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Gedung KPU pada Selasa, 12 Desember 2023.

Debat yang dimulai pukul 19.00 WIB diikuti oleh ketiga Capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Isu pemberantasan korupsi menjadi salah satu topik yang ditanyakan panelis kepada ketiganya dalam debat perdana.

Berbicara pemberantasan korupsi, Ganjar Pranowo mengatakan bakal memberikan efek jera kepada para koruptur melalui beberapa cara. Dari sisi penegakan hukum, Ganjar menyatakan bakal memiskinkan pelaku korupsi. “Kedua perampasan aset, maka segera kita bereskan UU perampasan aset,” kata Ganjar menanggapi isu dalam debat, dipantau secara daring melalui saluran Youtube KPU RI.

Terobosan lain yang dilakukan Ganjar terkait isu tersebut memasukkan para Koruptor ke Pulau Nusakambangan, Cilacap. “Agar bisa punya efek jera bahwa ini tidak main-main,” lanjutnya. Soal pemberantasan korupsi, Ganjar juga menekankan seorang pemimpin harus memberi contoh dengan hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan. “Dia mengajarkan bagaimana integritas itu dibangun,” papar Ganjar.

Kemudian untuk para pejabat terdapat dua hal yang amat penting sekali. “Pertama, biarkan mereka berkembang dengan meritokrasi yang baik sehingga ketika menduduki jabatan tidak ada jual beli jabatan,” paparnya. Kedua, Ganjar mengatakan jangan sampai para pejabat memberikan setoran kepada pemimpinnya. “Kalau ini terjadi kerunyaman akan muncul,” lanjutnya.

Ganjar mengutip data ICW yang mencatat dalam sepuluh tahun terakhir kerugian yang dialami negara mencapai hampir Rp230 triliun. “Ini ekuivalen kalo bisa kita pakai untuk membuat puskesmas kira-kira 27 ribu,” paparnya. Ganjar menegaskan edukasi terkait pemberantasan korupsi berasal dari pemimpin.

Senada Ganjar, Anies mendorong pemiskinan koruptor dengan mengesahkan Undang-Undang Perampasan Aset. Kedua, Anies mengatakan Undang-Undang KPK harus direvisi agar KPK menjadi lembaga yang kuat kembali. “Ketiga, diberikan imbalan atau reward kepada mereka yang membantu melakukan pelaporan penyelidikan,” kata Anies.

Hal itu supaya ada partisipasi dari masyarakat sehingga nanti tidak hanya aparat penegak hukum tetapi semua rakyat ikut mengurangi korupsi. “Gerakan anti korupsi harus menjadi gerakan yang semesta yang melibatkan seluruh rakyat,” paparnya. Terakhir, Anies menyatakan standar etika untuk pimpinan KPK harus tinggi.

Sementara itu, Prabowo Subianto setuju dengan sikap dan jawaban kedua Capres lain yang telah menanggapi. “Korupsi adalah pengkhianatan bangsa, korupsi harus diberantas sampai akar-akarnya,” kata Prabowo.

Prabowo menyatakan untuk isu tersebut harus dilakukan penguatan terhadap KPK, kepolisian, Kejaksaan, Ombudsman. “Semua badan-badan yang bisa membantu mitigasi korupsi harus kita perkuat, BPK, BPKP, Inspektorat di tiap Kementerian harus diperkuat,” katanya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 13 Dec 2023

Bagikan

RELATED NEWS