Inilah Mekanisme Debat Ketiga Capres 2024, Karantina Para Panelis sampai Durasi Iklan

ifta - Jumat, 05 Januari 2024 09:41 WIB
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Basweda menghadiri debat perdana Capres di KPU, Selasa 12 Desember 2023

JAKARTA, Halojatim.com - Debat ketiga akan dilangsungkan dengan menghadirkan 11 panelis dari berbagai latar belakang, dari dosen, rektor, pakar hingga mantan Kepala Staf Angkatan Laut.

Debat ketiga untuk capres ini alan digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

KPU telah mengatur mekanisme jaɔannya debat tersebut agar rapi dan semua bisa saling melontarkan argumen berdasarkan waktu yang ditentukan.

Nantinya sebelum debat, 11 panelis itu bakal dikarantina terlebih dahulu untuk merumuskan pertanyaan selama tiga hari. Karantina bakal dimulai sejak tanggal 5 Januari 2024. Hal itu sama seperti debat-debat sebelumnya dimana panelis bakal dikarantina terlebih dahulu untuk membuat pertanyaan jelang debat dilangsungkan.

Debat Capres-Cawapres terbagi menjadi enam segmen selama 150 menit. Rinciannya 120 menit untuk pelaksanaan debat dan 30 menit untuk jeda iklan. Segmen pertama merupakan Pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi, misi, dan program kerja.

Segmen kedua yaitu Pendalaman visi, misi, dan program kerja. Segmen ketiga merupakan Pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh Moderator. Segmen keempat dan kelima ialah tanya jawab dan sanggahan serta segmen keenam merupakan penutup.

Dalam penyelenggaraan debat, terdapat moderator dari kalangan profesional dan akademisi yang mempunyai integritas tinggi, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu Pasangan Calon.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 04 Jan 2024

RELATED NEWS