Ini Tujuh Pesona Wisata Bandungan yang Wajib Dikunjungi

Asih - Minggu, 03 September 2023 19:14 WIB
Wisata Alam Perantunan (pegipegi)

JAKARTA | halojatim.com - Bandungan adalah kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Bandungan memiliki beragam wisata menarik dengan hawa yang sejuk. Berikut adalah beberapa wisata di Bandungan yang wajib dicoba saat liburan tiba. Simak ulasannya.

Umbul Sidomukti

Kawasan Wisata Umbul Sidomukti adalah destinasi alam pegunungan yang terletak di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Tempat ini terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl, sehingga menghadirkan udara sejuk dan menyegarkan. Daya tarik utama dari tempat ini adalah kolam renang alami dengan air yang dingin dan segar.

Taman Renang Alam Umbul Sidomukti (mytrip123)

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas di sini, seperti berenang, wahana adrenalin, dan kegiatan outbond sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Selain itu, kawasan ini juga menyediakan fasilitas penginapan, area bermain, tempat berkemah, dan fasilitas untuk acara gathering di dalam kompleksnya.

Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo adalah destinasi wisata modern yang menjaga keharmonisan dengan keindahan alam sekitarnya. Tempat ini begitu populer karena daya tariknya yang unik serta cocok untuk berfoto dan instagramable. Pihak pengelola Ayanaz Gedongsongo telah menyediakan berbagai lokasi foto yang menarik bagi para pengunjung.

Ayanaz Gedongsongo (nativeindonesia)

Lanskap pegunungan dengan langit biru dan awan membuat tempat ini sangat mempesona untuk berfoto. Salah satu pemandangan utama adalah Gunung Ungaran, serta Gunung Sindoro dan Sumbing yang menjadi latar belakang yang indah untuk berfoto. Kelebihan lainnya adalah lokasinya yang berdekatan dengan Candi Gedongsongo.

Taman Bunga Celosia

Anda ingin merasakan liburan gaya Eropa tanpa perlu pergi jauh? Kunjungi saja Taman Bunga Celosia yang terletak di kawasan wisata Candi Gedong Songo, tepatnya di Desa Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Taman Bunga Celosia (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Taman ini didesain lengkap dengan kincir angin dan beragam jenis bunga asli Eropa yang diimpor langsung dari negara asalnya. Selain bunga-bunga yang memukau, Taman Bunga Celosia juga menampilkan sejumlah replika miniatur ikon dunia, termasuk Patung Singa Merlion dan Menara Eiffel.

Keelokan Taman Bunga Celosia telah menjadikannya pilihan utama bagi ribuan pengunjung yang ingin mengisi liburan mereka.

Kampung Krisan Clapar

Kawasan Bandungan di Semarang memiliki pesona alam yang memukau, dan salah satu daya tariknya adalah destinasi wisata KKC (Kampung Krisan Clapar) yang terletak di kaki Gunung Ungaran.

Tempat wisata ini menampilkan pesona keindahan bunga krisan dalam berbagai variasi yang menghiasi area perkebunan. Bunga krisan, yang berasal dari dataran Cina, sering disebut juga sebagai “golden flower” atau “bunga seruni.”

Kampung Krisan Clapar (bob.kemenparekraf.go.id)

Di area perkebunan seluas 7 hektar ini, terdapat setidaknya 20 varietas bunga krisan dengan beragam warna yang memukau, termasuk kuning, ungu, putih, merah, dan lainnya. Bunga krisan ini ditanam di sekitar 180 greenhouse sederhana.

Di destinasi wisata tersebut, Anda dapat mengambil selfie dengan latar belakang bunga krisan yang sedang mekar sambil menikmati udara segar di pedesaan yang masih alami ini. Ketika tiba musim panen, Anda bisa melihat para petani yang memanen bunga krisan yang nantinya dijual sebagai hiasan dekoratif.

Wisata Alam Perantunan

Di lereng Gunung Ungaran, terdapat banyak destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Basecamp Ungaran Perantunan yang terletak di Gintungan, Bandungan, Kabupaten Semarang.

Untuk mencapai Perantunan, Anda perlu menempuh jarak sekitar 20 kilo meter atau sekitar 45 menit perjalanan dari Alun-alun Ungaran. Rute ke Perantunan bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor, walaupun karena jalannya sempit dan curam, lebih direkomendasikan untuk menggunakan sepeda motor.

Wisata Alam Perantunan (pegipegi)

Wisata di Perantunan tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang cantik dan udara segar, tetapi juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, sehingga membuat pengunjung betah untuk tinggal lebih lama. Di sini, Anda bisa bermalam di Rumah Liliput dan Rumah Kayu, atau berkemah di lereng Gunung Ungaran.

Susan Spa & Resort

Susan Spa & Resort dianggap sebagai salah satu destinasi spa terkemuka di Jawa Tengah, terletak di Bandungan, Semarang. Tempat ini mengundang Anda untuk merasakan keindahan pemandangan dari ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut di daerah perbukitan Gunung Ungaran.

La Kana Fasilitas Susan Spa & Resort (susansparesort)

Anda dapat menikmati fasilitas di Susan Spa seperti La Kana, Balkon Panorama, Kebun Binatang Mini, Ruang Rapat, Pusat Kebugaran, Kolam Renang Semi Outdoor, Taman Eden, serta Jacuzzi.

Candi Gedongsongo

Candi Gedongsongo adalah kompleks candi yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Raffles menemukan kompleks candi ini pada tahun 1804, dan kompleks ini merupakan peninggalan dari Dinasti Sanjaya pada abad ke-9. Nama “Gedongsongo” berasal dari bahasa Jawa, dengan “Gedong” yang berarti bangunan dan “Songo” yang berarti sembilan.

Candi Gedongsongo (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Meskipun begitu, jumlah candi dalam kompleks ini tidak mencapai sembilan. Candi-candi ini tersebar dengan jarak yang cukup besar satu sama lain, sehingga untuk mengunjungi semua candi, diperlukan stamina yang kuat. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa kuda untuk wisata, dan ada area tertentu di mana Anda dapat berkemah.

Itu dia 7 destinasi wisata di Bandungan yang dapat Anda kunjungi untuk sekedar melepas penat dengan melihat pemandangan yang menarik.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 02 Sep 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS