Ini Cara Meningkatkan Kecepatan Kinerja Ponsel

Asih - Sabtu, 01 Juli 2023 17:40 WIB
Anti Lemot! Simak Cara Meningkatkan Kecepatan Kinerja Ponsel (Freepik.com/wayhomestudio)

JAKARTA | halojatim.com - Smartphone atau ponsel adalah salah satu barang yang pasti Anda bawa untuk kegiatan sehari-hari.

Tidak mengherankan hal itu terjadi karena sekarang banyak aktivitas dan kegiatan sehari-hari yang dipermudah dengan adanya ponsel.

Namun, salah satu hal yang paling menyebalkan yang dapat terjadi pada smartphone adalah ketika kinerja ponsel jadi melambat dan menolak untuk kembali ke kecepatan semua. Bahkan hal yang paling mengganggu adalah jika muncul pemberitahuan: ‘Your storage is full’, yang artinya Anda mungkin tidak lagi bisa mengunduh atau menyimpan file penting. Bahkan, aktivitas menjelajahi web bisa jadi menimbulkan masalah.

BACA JUGA :

Jika Anda juga berurusan dengan masalah penyimpanan file di ponsel, hal ini juga bisa berdampak pada kecepatan kinerja ponsel Anda. Itu artinya, file yang menumpuk di ponsel juga dapat membuat kinerja ponsel jadi lemot atau lambat.

Karena itu, penting untuk mengetahui cara mengosongkan storage secara instan. Namun, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu aplikasi apa yang menghabiskan sebagian besar storage di iPhone atau ponsel Android Anda. Setelah itu, rencanakan strategi untuk mengosongkan ruangan penyimpanan file.

Cara Mengetahui Aplikasi yang Menggunakan Storage Terlalu Banyak

Cara mengetahui aplikasi yang menggunakan storage terlalu banyak yang dapat membuat HP jadi lemot

Pengaturan atau menu Settings yang ada di iPhone atau Android akan mengungkapkan aplikasi mana saja yang menggunakan sebagian besar ruang penyimpanan Anda. Cara termudah untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan ruang penyimpanan di iPhone, adalah dengan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka aplikasi Settings atau Pengaturan di Iphone.

Tap pada bagian General.

Sekarang, klik opsi penyimpanan pada iPhone lalu buka daftar aplikasi di bagian akhir.

Kemudian, Anda akan ditunjukkan aplikasi apa saja yang menggunakan storage paling banyak di ponsel Anda.

Jika Anda menggunakan smartphone Android, Anda bisa memeriksa aplikasi apa saja yang menggunakan storage paling banyak dengan melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini.

Pertama, buka aplikasi Google Play Store dan ketuk ikon profil.

Kemudian, klik Manage Apps & Device.

Setelah itu, layar akan menunjukkan aplikasi yang terinstall di ponsel Anda berdasarkan ukurannya. Anda juga dapat memeriksa aplikasi apa saja yang menggunakan storage paling banyak.

Jika Anda sudah mengetahui aplikasi apa saja yang menyita ruang penyimpanan atau storage di ponsel Anda, Anda memiliki opsi untuk menghapus atau menyimpannya berdasarkan kebutuhan Anda. Idealnya, jika Anda uninstall aplikasi yang membutuhkan storage paling banyak, maka kinerja ponsel Anda juga akan menjadi lebih cepat.

Itu tadi cara mudah meningkatkan kinerja ponsel agar tidak lemot atau lambat. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 01 Jul 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS