Ini Cara Mengenali Kondisi Telur Masih Baik atau Buruk

Asih - Kamis, 09 Februari 2023 20:03 WIB
Makan telur kualitas buruk bisa membawa sejumlah risikp (Trenasia)

JAKARTA | halojatim.com - Apakah itu digoreng atau direbus, telur adalah raja makanan terutama saat sarapan.

Mengemas banyak kolesterol sehat (yaitu kolesterol HDL), telur segar mengandung sekitar 78 kalori, 6 gram protein, dan merupakan sumber vitamin D dan kolin yang baik.

Namun satu hal tentang telur mentah adalah sulitnya menentukan kesegaran telur. Padahal banyak risiko memakan telur yang telah dalam kondisi buruk. Yang paling utama adalah kontaminasi salmonella yang dapat menyebabkan diare, muntah, dan demam.

Itulah mengapa penting untuk mengetahui tanda-tanda dan cara mengetahui apakah telur itu buruk. Meskipun tidak mudah menemukan telur yang terkontaminasi atau yang berkualitas buruk ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah telur itu masih baik atau tidak.

Memeriksa berdasarkan tanggal adalah langkah terbatas. Itu hanya berlaku untuk telur yang dikemas dalam wadah khusus. Tetapi langkah ini tetap harus Anda lakukan jika memang memungkinkan dilakukan.

Langkah lain adalah lakukan inspeksi visual. Seperti apa bentuk telur? Jika ada yang retak, Anda harus menganggapnya terkontaminasi dan membuangnya. Zat berlendir atau tepung pada cangkang juga merupakan tanda potensi kontaminasi. Setelah Anda membuka telur, cari tanda-tanda pembusukan dan perubahan warna merah muda atau hijau. Aduk jika Anda melihat keduanya.

Yang sedikit ribet tetapi sebenarnya mudah adalah dnegan uji pelampung. Secara teori, telur segar tenggelam dan telur busuk mengapung. Itu karena seperti yang disarankan oleh teori uji apung, seiring bertambahnya usia telur, kantong udara kecil di dalamnya tumbuh lebih besar. Ini mengirimkan telur yang lebih tua ke permukaan alias mengambang.

Meskipun telur tua secara teknis masih aman untuk dimakan, telur yang sudah sangat busuk tentu saja tidak. Untuk mencoba tes apung, cukup isi mangkuk dengan air dingin dan masukkan telur. Jika telur tenggelam atau tergeletak rata, telur masih segar.

Lakukan tes mengendus. Telur yang buruk akan memiliki bau yang berbeda, jadi pecahkan telur ke dalam mangkuk dan hirup saja. Telur yang telah melewati tanggal kedaluwarsa akan memiliki bau busuk atau bau belerang. Jika berbau telur busuk, buang ke tempat sampah.

Pecahkan. Telur segar akan memiliki kuning telur oranye yang cerah dan montok dengan putih telur yang kaku. Telur yang buruk akan memiliki kuning telur yang kempes dan menyebar.

Cara Menyimpan Telur

Cara terbaik untuk menyimpan telur dan mencegah pertumbuhan bakteri adalah dengan mendinginkannya dengan benar. Itu biasanya di bagian terdingin dari lemari es Anda. Cobalah memakannya dalam waktu tiga hingga lima minggu setelah membelinya.

Dan jangan tinggalkan telur yang sudah didinginkan di atas meja selama lebih dari dua jam. Mereka bisa berkeringat yang juga menciptakan lingkungan untuk pertumbuhan bakteri.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Amirudin Zuhri pada 09 Feb 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS