Gelar Program Donor Darah Massal, Kolaborasi KITA Libatkan Ribuan Pendonor di Indonesia Timur

Asih - Selasa, 01 November 2022 20:26 WIB
Peserta ikut memeriahkan donor darah massal, kolaborasi KITA.

SURABAYA | halojatim.com - Keberhasilan pemerintah dalam mengendalikan pandemi COVID-19 telah mendorong antusiasme masyarakat untuk kembali melaksanakan berbagai aktivitas sosial.

Di Indonesia Timur, Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA) kembali menggelar kegiatan donor darah massal bertajuk Setetes Darah Untuk Negeri 2022; dengan tema besar KITA Adalah Pahlawan.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada kegiatan tahun ini Kolaborasi KITA akan melibatkan masyarakat umum seperti pesantren, warga desa hingga sejumlah institusi pemerintah dan swasta.

Momentum peringatan hari Pahlawan 10 November 2022 diharapkan menjadi energi bagi ribuan peserta untuk melangkahkan kakinya menuju ratusan titik tempat donor darah yang akan dilakukan di lebih dari 70 Kabupaten/Kota di 11 Provinsi di Indonesia Timur.

BACA JUGA :


Bayu Surya Pamugar Sugeng selaku Inisiator Kolaborasi KITA mengatakan, Program Setetes Darah Untuk Negeri 2022 merupakan sebuah gerakan kemanusiaan yang berawal dari berbagai komunitas di Indonesia Timur.

Sejalan dengan membaiknya pandemi, Kolaborasi KITA berusaha melibatkan lebih banyak pihak dan ternyata mendapat sambutan luar biasa. Program ini akan berlangsung mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022.

“Kami menyampaikan terima kasih untuk totalitas rekan-rekan Komunitas Indonesia Timur Area, dukungan Palang Merah Indonesia (PMI) di lebih dari 70 kota, pemerintah daerah dan semua pihak yang membuat gerakan donor darah massal ini bisa kembali terwujud. Tujuan kami untuk selalu konsisten menggelar kegiatan ini adalah misi kemanusiaan, bahwa KITA sebagai manusia harus selalu peduli dan saling menguatkan dengan sesama,” kata Bayu Surya melalui keterangan resmi di Surabaya, Minggu (30/10).

Pada kegiatan tahun ini, terdapat sekitar 726 komunitas di lebih dari 70 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur. Calon pendonor yang sudah mendaftar untuk ikut kegiatan ini sudah mencapai sebanyak 7.461 orang.

Jumlah tersebut meningkat lebih dari 2.800 orang dibandingkan peserta tahun 2021 sebanyak 4.662 orang. Pada tahun 2021, jumlah darah yang berhasil dikumpulkan mencapai 4.547 kantong.

Bayu menjelaskan kegiatan donor darah akan mengikuti prosedur resmi dari PMI. Karena itu, setiap komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini juga berkomunikasi dengan para calon pendonor agar memenuhi syarat saat diambil darahnya.

“Belajar dari tahun sebelumnya, banyak peserta yang gagal melakukan donor darah akibat kurang istirahat. Jadi saat akan diambil darahnya, kondisi tubuh peserta lemah dan tidak memenuhi syarat. Tahun ini, dengan komunikasi dan persiapan yang lebih baik, kami berharap jumlah peserta dan darah yang terkumpul akan lebih banyak,” jelasnya.

Gunawan Prasetyo, Penasehat KITA mengungkapkan, Program Setetes Darah Untuk Negeri sudah terbukti memberikan dampak positif bagi komunitas dan masyarakat lainnya.

Meningkatnya jumlah peserta setiap tahun menunjukkan bahwa antusiasme anggota komunitas KITA dan masyarakat lainnya semakin besar. Banyak komunitas besar seperti Bold Riders, Super Adventure, Super Friends, Heppiii Community, hingga Kill The LAst, di berbagai kota menjadi motor penggerak kegiatan kemanusiaan ini.

“Kami sangat bangga dengan antusiasme rekan-rekan komunitas yang menjadi penyelenggara, peserta sekaligus mengundang anggota masyarakat lain untuk ikut berpartisipasi. Kami yakin, aktivitas sosial kemanusiaan seperti ini akan semakin memperkuat dan menyatukan ikatan kita sebagai sesama manusia serta sesama anak bangsa. Apresiasi tertinggi buat teman-teman Kolaborasi KITA,” ujar Gunawan Prasetyo.

Editor: Asih

RELATED NEWS