Gandeng Koarmada II, BI Jatim Lepas Kapal Kas Keliling Kepulauan 3T

Asih - Senin, 18 Oktober 2021 21:01 WIB
Pelepasan KRI Singa-651 untuk melayani kas di pulau 3T di Jawa Timur, Senin (18/10/2021).

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur kembali melakukan layanan kas Bank Indomesia di pulau 3 T (terdepan, terluar dan terpencil) di Jawa Timur.

Layanan ini menggunakan KRI Singa-651 bekerjasama dengan Koarmada II. Pelepasan KRI Singa-651 dilakukan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Iwan Isnuwanto yang dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Budi Hanoto.

Hadir pula anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia, Direktur Departemen Pengelolaan Uang Yudi Harimukti dan Deputy Kepala Perwakilan Imam Subarkah, Senin (18/10/2021).

Layanan ini akan dilakukan di Pulau Masalembo, Pulau Kangean, Pulau Sepaken dan Pulau Nusa Penida. Layanan ini sebagai sebuah program edukasi Cinta, Bangga dan Paham (CBP) Rupiah.

Cinta Rupiah adalah mampu mengenali, merawat dan menjaga Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI. Bangga Rupiah adalah menggunakan Rupiah disetiap transaksi di NKRI.

"Kami sangat mendukung program Bank Indonesia ini," kata Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto.

Kepala Perwakilan BI Jatim, Budi Hanoto menegaskan layanan seperti ini harus terus dilakukan di pulau 3T. Karena di daerah-daerah itu masih terdapatnya transaksi selain Rupiah sehingga menurunkan kebanggaan penggunaan Rupiah.

"Peristiwa lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan dari NKRI 2002 salah satunya adalah minimnya transaksi dan aktivitas ekonomi dalam mata uang rupiah. Makanya jangan sampai terjadi lagi," tandas Budi.

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS