FAKULTAS TEKNIK TERBAIK BUKAN DARI KOTA SURABAYA

Andri - Minggu, 23 Juli 2023 22:05 WIB
Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) lebih layak menyandang predikat torehan penghargaan itu didapat dari dua lembaga pemeringkat internasional, yakni The Times Higher Education World University Rankings (WUR) dan Scimago University Rangkings.

SURABAYA I halojatim.com — Kampus teknik terbaik di Indonesia bukan perguruan tinggi dari Surabaya. Padahal, ada dua fakultas teknil dari dua perguruan tertinggi. Kualitasnya diangga[ sangat baik.

Tapi Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) lebih layak menyandang predikat torehan penghargaan itu didapat dari dua lembaga pemeringkat internasional, yakni The Times Higher Education World University Rankings (WUR) dan Scimago University Rangkings.

Berdasarkan WUR, di tahun 2023, FTUI menempati peringkat pertama kampus teknik terbaik di Indonesia. Kemudian peringkat ke 13 di Asia Tenggara. Penilaian tersebut didasarkan pada lima indikator utama. Di antaranya sitasi akademik, capaian internasional, keluaran riset, serta metode pengajaran.

Dekan FTUI Prof Heri Hermansyah mengatakan, torehan capaian tersebut telah menjadi kado spesial. Sebab, bertepatan dengan Dies Natalis ke-59 Tahun FTUI. “Ini sekaligus menjadi hadiah,” katanya.

Heri mengatakan tahun ini FTUI telah menjadi kampus keteknikan yang unggul bertaraf internasional. Ini, katanya, memberikan dampak bagi pengembangan SDM keteknikan.

Katanya, capaian tersebut telah menguatkan FTUI sebagai salah satu institusi terbaik tanah air yang telah mendukung penguasaan teknologi di bidang keteknikan (engineering) untuk kemandirian bangsa. Selain itu, ia juga tidak menampik prestasi FTUI adalah kolaborasi kinerja unsur dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan peran alumni.

“Ini bukti komitmen FTUI mencetak kualitas pendidikan terbaik bagi anak bangsa,” katanya.

Di kesempatan yang sama, ia juga menyampaikan akan terus melakukan inovasi, meningkatkan kualitas riset, serta menggandeng institusi internasional untuk kolaborasi. FTUI sudah menggandeng University of Birmingham, Inggris.

‘’Untuk program double dan tripple degree,” kata Heri. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS