EKSPOR KOSMETIK KE MALAYSIA DARI SIDOARJO BIKIN GELENG-GELENG. BERAPA NILAINYA

Andri - Selasa, 09 Januari 2024 10:15 WIB
Pelepasan ekspor kosmetik ke Malaysia dari Kabupaten Sidoaro

SIDOARJO I halojatim.com - Kabar gembira dari Kabupaten Sidoarjo. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi melepas ekspor kosmetik dari daerah itu dengan tujuan Malaysia senilai 7 juta Ringgit Malaysia (RM) atau lebih dari Rp20 miliar.

Ia mengatakan sampai akhir tahun lalu Indonesia surplus perdagangan dengan Malaysia sebesar 33,6 miliar dolar AS selama 4 tahun terakhir. “Kalau dihitung bulan, lebih dari 48 bulan kita surplus terus, Alhamdulillah,” ucap Didi Sumedi saat melepas ekspor perdana produk kosmetik PT Wahana Kosmetika Indonesia (WKI) ke Malaysia.

Didi Sumedi mengatakan surplus perdagangan tidak terlepas dari aktivitas ekspor seperti yang dilakukan WKI dengan melakukan ekspor produk kosmetiknya sebanyak empat kontainer Pemerintah pusat, katanya, akan terus mendorong ekspor produk Tanah Air ke luar negeri seperti ini. Inikan hasil komunikasi kerja antara produsen dalam hal ini WKI dengan Susanto Lee (Direktur Distributor Kara Marketing Malaysia) dengan atase kami Pak Deden di Malaysia, yang terus bekerja untuk mencarikan pasar di Malaysia.

''Kami akan berniat merambah ke pasar Brunei, Vietnam, dan beberapa negara ASEAN lainnya,” kata Didi Sumedi.

Dalam kesempatan itu Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mendukung kepada Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM) untuk merambah pasar ekspor supaya produk mereka dikenal dunia, dengan memberikan berbagai kemudahan. Salah satunya akses permodalan, pelatihan pemasaran, sampai fasilitasi UMKM Sidoarjo go to export.

''Hal itu selaras dengan kebijakan pemerintah pusat saat ini yang terus mendorong pelaku UMKM tidak hanya mengusai pasar lokal namun juga pasar global," katanya.

Muhdlor mengatakan sebelumnya terdapat 300 produk UMKM Sidoarjo yang berhasil menembus pasar luar negeri. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS