E-PEKEN JADI PERCONTOHAN NASIONAL

Andri - Rabu, 29 Juni 2022 23:25 WIB
Aplikasi E-Peken yang sudah terpasang di handphone

SURABAYA I halojatim.com - E-Peken dapat pujian. Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI menilai layak menjadi percontohan nasional, sebagai media perantara antara pelaku UMKM dengan pelanggan.

"Kami dari BPKN turut mengapresiasi karena selama kami melakukan kajian dan validasi di kota lain, e-Commerce (belanja daring) seperti e-Peken ini belum ada," kata Anggota Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN RI Megawati Simanjuntak seusai menggelar diskusi seputar e-commerce di Balai Kota Surabaya, Rabu.

Diskusi antara BPKN bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan (Dinkopdag) Surabaya tersebut membahas kebutuhan konsumen terhadap keamanan dan kenyamanan sistem e-Commerce serta kiat meningkatkan ekonomi kerakyatan di Kota Pahlawan. Megawati mengaku, pihaknya akan membawa konsep e-Peken ke tingkat nasional, terutama ke kota-kota yang memiliki potensi UMKM dengan tujuan supaya perekonomian di daerah lain semakin cepat bertumbuh dan berdampak baik pada perekonomian Nasional ke depan.

"Pertumbuhan ekonomi Nasional saat ini, 56-60 persennya itu disupport oleh meningkatnya daya beli atau konsumsi masyarakat. Dengan adanya aplikasi seperti e-Peken, maka bisa semakin meningkat lagi pertumbuhan ekonominya," kata Megawati.

Selain itu, Eri juga mengapresiasi kesiapan pemkot menciptakan aplikasi ekonomi digital sebagai wadah untuk pelaku UMKM dan memenuhi kebutuhan konsumen di Kota Surabaya. Keamanan, fitur, informasi dan jangkauan layanan yang ada di e-Peken pun juga dinilai mumpuni.

Dengan e-Peken, pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya perlahan terdongkrak naik, tentunya konsep ini juga bisa diterapkan oleh kabupaten/kota lain ketika ingin perekonomian di wilayahnya meningkat lebih baik lagi.(*)

RELATED NEWS