DUBES CEKO BAWA DELEGASI TRANSPORTASI DARI NEGARANYA, APA TUJUANNYA

Andri - Kamis, 07 Maret 2024 18:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dengan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek

SURABAYA I halojatim.com - Jatim terus memantapkan kerja sama transformasi transportasi digital. Ini dibuktikan dengan bertemunya Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono dengan Duta Besar (Dubes) Republik Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek.

"Ini kunjungan Dubes Jaroslav Dolecek ke Grahadi yang kedua, setelah yang pertama pada 20 Juli 2023 lalu diterima oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa," katanya kepada wartawan.

Dubes Jarsolav Dolecek membawa delegasi dari perusahaan transportasi asal negaranya, yang juga ternama di Eropa, Skoda Group. Skoda Group menawarkan transformasi teknologi untuk seluruh moda transportasi di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya, mulai dari Light Rapid Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), dan Bus Rapid Transit (BRT).

Pj Gubernur Adhy Karyono mengatakan, masterplan untuk seluruh moda transportasi digital tersebut telah diselesaikan bekerja sama dengan Jepang, Jerman, dan Inggris. "Bahkan sudah piloting dengan Jerman dan Skoda Group dari Republik Ceko menyatakan tertarik untuk ikut kerja sama investasi," katanya.

Sementara itu, tahun depan telah dijadwalkan pembangunan koridor 1 LRT di Kota Surabaya. Pj Gubernur Adhy mengatakan, kerja sama menggunakan teknologi Skoda dari Republik Ceko akan dipertimbangkan untuk pembangunan koridor yang kedua. Dengan Skoda Group ini, kata Adhy, masih penjajakan.

''Kami akan membicarakan dengan Kementerian Perhubungan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kementerian Keuangan, karena tidak bisa kita lakukan tanpa pembiayaan dari mereka. Khusus Transjatim memungkinkan, karena kewenangan ada di Pemprov Jatim," katanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjanjikan kepastian kerja sama transformasi transportasi digital dengan Skoda Group akan dijawab secepatnya. Setidaknya tahun 2025 sudah ada keputusan untuk bisa memulai. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS