DUA KOTA DI JATIM MASUK REKOMENDASI COCOK BUAT MAHASISWA

Andri - Minggu, 18 Juni 2023 14:30 WIB
Universitas Brawijaya, salah satu perguruan tinggi negeri favorit di Kota Malang. Daerah ini direkomendasi sebagai salah satu kota murah bagi para mahasiswa

SURABAYA I halojatim.com - Pengumuman penerimaan mahasiswa baru tinggal menghitung hari. Mereka yang akan melanjutkan ke bangku perguruan tinggi akan diumumkan pada Selasa (20/6/2023) di Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Artinya, para mahasiswa dan juga orang tua di luar kota tempat universitas atau perguruan harus mulai mencari kost atau kontrakan. Namun, ada kota di Jawa Timur yang masuk rekomendasi dalam delapan kota dengan biaya termurah dan cocok untuk mahasiswa. Di mana saja?

1. Kota Surabaya
Siapa sangka, Kota Surabaya di channel Republik Mahasiswa ada di peringkat keempat. Awalnya disebutkan bahwa kost-kostan di tengah Kota Surabaya cukup mahal, tidak jauh beda dengan Jakarta sebagai ibu kota negara.

Namun, dikatakan masih ada kost-kostan yang terjangkau oleh kantong. Harganta antara Rp 300 ribu hingga Rp 1,5 juta. Semua tergantung dari fasilitas yang diambil. Dengan upah minimal regional (UMR) sudah Rp 4,3 juta, biaya hidup dikatakan tidak murah-murah banget.

Kost-kostan di Kota Surabaya tersebar di berbagai tempat. Sebab, di Kota Surabaya banyak terdapat perguruan tinggi atau universitas favorit seperti Unair Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), ataupun Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Bahkan, kampus swasta seperti Universitas Ciputra dan Universitas Pelita Harapan (UPH) menjadi tujuan para lulusan SMA .

2. Kota Malang
Di channel Republik Mahasiswa, ada kota di Jawa Timur yang masuk rekomendasi delapan kota dengan biaya termurah dan cocok untuk mahasiswa. Kota ini sudah dikenal sebagai Kota Mahasiswa karena banyaknya kampus-kampus di sana. Seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Islam Negeri Malik Ibrahim, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu masih banyak perguruan tinggi atau universitas swasta favorit di Kota Malang.
UMK di Kota Malang disebutkan Rp 3 juta. Kost-kostan berkisar antara Rp 600 ribu-Rp 1,5 juta. Biaya hidupnya jelaskan dengan uang Rp 30 ribu masih bisa makan sehari dua kali.

Hanya, dalam urusan termurah, Kota Surabaya dan Kota Malang, di Channel Republik Mahasiswa itu masih kalah dengan Kota Surakarta atau Kota Solo di posisi kedua dan Kota Jogja di posisi pertama. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS