Dosen UK Petra Ini Bisa Hasilkan 19 Paten dari Penelitian yang Dilakukan

Asih - Kamis, 02 September 2021 17:16 WIB
Felix Pasila saat menerima penghargaan dari LLDIKTI.

Dosen UK Petra Surabaya, Felix Pasila berhasil mematenkan 19 karyanya sejak 2017 hingga 2021. Atas prestasi ini Felix mendapatkan penghargaan sebagai Dosen Terpuji LLDIKTI Wilayah VII.

Dosen Program Studi Teknik Elektro yang juga Kepala Sentra Inovasi dan Kewirausahaan (SIK) ini memang getol mematenkan semua penelitian yang dilakukannya untuk bisa dipatenkan.

Felix yang lahir di Kendari itu mengatakan salah satu penelitian yang berhasil dipatenkannya pada 2021 berjudul Alat Terapi Elektrik Untuk Membunuh Virus

Alat ini untuk membantu orang yang terpapar virus dengan ciri-ciri tanpa gejala. Caranya dengan mengeliminasi virus 10 centimeter dari mulut atau hidung.

“Alat terapi ini memiliki tiga fungsi. Pertama memberi terapi sauna hingga 60 derajat (proses oksidasi). Keudian memberikan herbal terapi (oksidasi) dan yang fungsi ketiga memberikan terapi inflamasi (antioksidan)," rinci pria kelahiran Kendari itu.

Alat ini merupakan skema penelitian PTUPT tahun 2020. Felix menambahkan, ide muncul awal tahun 2020. Sudah ada prototype dan sudah diuji coba ke RSUD Bangkalan. Hingga kini alat tersebut telah ada lima prototype dan telah dicobakan ke lebih dari 10 orang.

“Harga jualnya sekitar 30 juta per unit untuk versi umum dan 15 juta untuk versi mobile. Di Surabaya kini sedang tahap proses uji coba. Hasilnya belum bisa diklaim secara klinis akan tetapi testimoni yang menggunakannya proses penyembuhan dari positif ke negatif menjadi lebih cepat," tandas Felix.

Editor: Asih

RELATED NEWS