DIBANDING JULI, VOLUME KENDARAAN DI TOL NAIK DRASTIS

Andri - Minggu, 07 November 2021 09:10 WIB
Jalan Tol Surabaya -Mojokerto yang mulai meningkat volume kendaraan

SURABAYA I halo jatim- Melandainya pandemi Covid-19 mempengaruhi banyak bidang. Yang dulunya sepi kini mulai kembali mendekati normal. Salah satunya volume kendaraan di jalan tol.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa MargaDwimawan Heru mengatakan, LHR pada Oktober 2021 meningkat 6,64 persen dari September 2021 di masa PPKM level 3. Sementara, bila dibandingkan dengan LHR pada Juli 2021 lalu di masa PPKM Darurat, LHR pada Oktober 2021 ini bahkan mengalami peningkatan mencapai 63,03 persen.

“Dengan upaya pencegahan penularan Covid-19 serta kegiatan vaksinasi nasional yang terus berjalan di berbagai daerah, tentu akan berdampak kepada kebijakan yang mempengaruhi mobilisasi masyarakat,” katanya dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan, PT Jasa Marga Persero memproyeksikan, dengan kondisi seperti sekarang, pada akhir 2021 mendatang tren peningkatan lalu lintas masih terjadi di Jalan Tol Jasa Marga Group. Dengan meningkatnya lalu lintas di jalan tol, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tetap berkendara dengan aman sesuai peraturan yang berlaku.

Salah satunya, kata Heru, aturan batas kecepatan berkendara di jalan tol harus tetap dipatuhi sesuai rambu yang terpasang di masing-masing ruas tol. “Sesuai Peraturan Pemerintah RI 79/2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 23 ayat 4, berkendara di jalan tol Kawasan Perkotaan minimal kecepatan adalah 60 kilometer/jam dan maksimal kecepatan adalah 80 kilometer/jam,” katanya.

Sedangkan untuk berkendara di jalan tol antarkota, minimal kecepatan adalah 60 kilometer/jam dan maksimal kecepatan adalah 100 kilometer/jam. Selain itu, Heru juga menegaskan pentingnya antisipasi yang dilakukan pengemudi..(*)

RELATED NEWS