Cara Mudah Berhenti Mengikuti Channels di WhatsApp

Asih - Selasa, 26 September 2023 09:30 WIB
Ini Dia Cara Mudah Berhenti Ikuti Channels di WhatsApp (WhatsApp)

JAKARTA | halojatim.com - WhatsApp baru-baru ini meluncurkan Channels, sebuah fitur mirip Instagram yang memungkinkan pengguna menerima pembaruan dari orang atau organisasi dalam aplikasi WhatsApp.

Channels menawarkan berbagai fitur, termasuk privasi, reaction, dan bahkan kemampuan untuk forward pembaruan di Channel.

Fitur Channels ini akan memudahkan individu untuk menerima pembaruan penting dengan cara yang lebih personal. Meta, perusahaan induk WhatsApp bertujuan dengan adanya fitur Channels akan mampu menciptakan layanan penyiaran pribadi kepada pengguna.

Apa Itu Channels di WhatsApp?

Channels berfungsi sebagai alat penyiaran satu arah yang memerlukan administrator untuk berbagi berbagai konten, termasuk konten berbentuk teks, foto, video, stiker, atau jajak pendapat. WhatsApp secara aktif mengembangkan direktori yang dapat dicari untuk membantu pengguna menemukan Channels yang sesuai dengan preferensi mereka.

Direktori ini akan memungkinkan pengguna menjelajahi saluran yang berkaitan dengan hobi, tim olahraga favorit, pembaruan otoritas lokal, dan masih banyak lagi. Selain itu, pengguna juga memiliki pilihan untuk bergabung dengan Channels WhatsApp dengan mengikuti link atau tautan undangan yang dibagikan dalam obrolan, email atau yang tersebar di internet.

Cara Berhenti Mengikuti atau Unfollow Channels di WhatsApp

Anda dapat dengan mudah mengikuti Saluran WhatsApp dan kami juga telah menjelaskan prosesnya sebelumnya. Namun, jika Anda ingin berhenti mengikuti saluran, Anda juga dapat melakukannya dengan beberapa langkah mudah. Jika Anda terlanjur mengikuti suatu Channels dan merasa tidak relevan dengan Anda, Anda bisa langsung unfollow dengan langkah yang cukup mudah.

Anda dapat memilih untuk berhenti mengikuti saluran kapan saja. Saat Anda berhenti mengikuti, Anda tidak akan lagi mendapatkan notifikasi atau melihat pembaruan di bagian Channels pada tab Updates.

Berikut langkah-langkah untuk berhenti mengikuti atau unfollow Channels WhatsApp.

1. Buka aplikasi WhatsApp di smartphone Anda

2. Sekarang buka tab Updates, kemudian buka Channels yang ingin Anda unfollow atau berhenti ikuti.

4. Sekarang ketuk menu tiga titik dan pilih Berhenti Mengikuti

5. Terakhir konfirmasi dengan klik Unfollow

WhatsApp Tambahkan Fitur Peringatan di Channels

Selain menambahkan fitur Channels, WhatsApp baru saja menghadirkan fitur lain yang disebut Channels Alerts dan dilaporkan sedang menguji fitur balasan.

Menurut laporan WABetainfo, pengguna beta di ANdroid mendapatkan update 2.23.20.0 di mana terdapat fitur baru yang dirancang untuk terus memberikan informasi kepada pembuat Channels tentang status Channels mereka.

WhatsApp akan memberi tahu pembuat Channels jika visibilitas Channels miliknya dibatasi di negara tertentu karena persyaratan hukum. Itu artinya, pengguna dengan nomor telepon terkait dengan suatu negara tertentu mungkin tidak lagi dapat mengakses atau mengikuti Channels yang telah dibatasi.

Itu tadi penjelasan mengenai cara unfollow atau berhenti mengikuti dari fitur Channels WhatsApp. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 26 Sep 2023

Editor: Asih
Bagikan

RELATED NEWS