BUPATI KEDIRI DORONG PENGUSAHA KERUPUK URUS LABEL

Andri - Rabu, 14 Februari 2024 23:40 WIB
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana pun mendorong pengusaha kerupuk yang belum mengurus label

KEDIRI I halojatim.com - Kerupuk menjadi salah satu makanan khas Kabupaten Kediri. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana pun mendorong pengusaha kerupuk yang belum mengurus label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) segera mengurusnya. Sebab bermanfaat bagi usaha sekaligus bisa meningkatkan nilai jual.

"Saya berkunjung ke pabrik kerupuk dan saya dorong untuk mengurus label BPOM supaya harganya bisa tinggi dan untungnya juga tinggi," katanya.

Ia mengaku berkunjung secara langsung ke pabrik kerupuk impala di Desa/Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. Pabrik kerupuk tersebut bisa menghasilkan 7 ton hingga 8 ton kerupuk per hari.

Di pabrik tersebut juga melibatkan karyawan yang cukup besar sekitar 90 karyawan yang mayoritas berasal dari desa setempat. Bupati mengatajan kunjungan ke pabrik tersebut merupakan rangkaian kegiatan menginap di rumah warga. Di sore hari pihaknya juga menyempatkan untuk menemui warganya yang tengah melakukan rutinitas. Ia ingin dialog langsung serta mengetahui aktivitas warganya.

Pemerintah Kabupaten Kediri memberikan kemudahan pengurusan izin usaha untuk UMKM tahu di kabupaten ini, sehingga pemilik usaha mendapatkan legalitas usahanya. Pemkab punya layanan aplikasi Online Single Submission (OSS) yang dapat diakses sendiri para pelaku usaha. Melalui sistem OSS, seluruh perizinan akan terintegrasi, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih antara pusat dan daerah. Adanya aplikasi OSS ini, masyarakat bisa mengurus perizinan sendiri dari ponsel dan lebih cepat. Pemkab juga siap mendampingi kepengurusan perizinan termasuk ke BPOM. (*)

Editor: Andri

RELATED NEWS