BUAT RESAPAN AIR SEBELUM PENILAAN TINGKAT KABUPATEN

Andri - Senin, 10 Juni 2024 10:25 WIB
Spanduk penyambutan juri lomba Antar RT se Kabupaten Sidoarjo di lingkungan RT 37 RW 7 Desa Sidokepung

SIDOARJO I halojatim.com - Penilaian Lomba Antar-RT se Kabupaten Sidoarjo semakin dekat. Sebagai salah satu peserta, RT 37 RW 7 Desa Sidokepung pun terus berbenah.

Tujuannya agar lingkungan yang mewakili Kecamatan Buduran itu bisa kembali sukses, yakni menjadi duta Kabupaten Sidoarjo.Apalagi, bukan hanya satu kategori.

"Kami mewakili Kecamatan Buduran dalam dua kategori yakni Asri dan Sehat. Untuk itu, menjelang penilaian, saya dan warga RT 37 RW 7 melakukan berbagai kegiatan untuk bisa lebih baik dan bagus lagi," kata Ketua RT 37 RW 7 Agus Riyanto.

Untuk , kategori Asri, upaya yang sudah dilakukan, jelasnya, adalah penataan tanaman penghijauan, pemasangan umbul-umbul, menghias bank sampah, serta mengondisikan ruang terbuka hijau agar lebih asri.

Sedangkan untuk kategori sehat, papar Agus, dengan pembenahan dan penyempurnaan administrasi posyandu balita, posyandu remaja, dan posyandu Lansia, serta posbindu.

Terbaru di lingkungan RT 37 RW 7 Desa Sidokepung, lanjut Agus, dilakukan pembuatan biopori. Tempat itu, ujarnya, berfungsi

Sebagai resapan air hujan dan tempat pembuangan sampah organic, khususnya daun kering dari pohon. "Alhamdulillah semua dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama tim yg kompak, guyub rukun dan penuh semangat," ungkap lelaki yang juga anggota TNI-Al di Kesatuan Puspernebal tersebut.

Sebelumnya, beberapa hari yang lalu, Agus mewakili warganya menerima sertifikat bukti juara Kategori Asri dan Sehat dari Kecamatan Buduran. Acara dilaksanakan di Balai Desa Sidokepung dan diserahkan langsung oleh Penjabat Kepala Desa Achmad Mubarok.

Usai menerima itu, Agus dan beberapa warganya memaparkan kegiatan yang sudah dilakukan itu dengan melakukan presentasi di depan dewan juri Lomba Antar-RT se Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan itu dilakukan di dua tempat yang berbeda.

"Semoga apa yang dipresentasikan menjadi pendukung kegiatan yang sudah berjalan ini," pungkasnya.

Dalam Lomba Antar-RT se Kabupaten Sidoarjo digelar lima kategori. RT 37 RW 7 Desa memenangi dua kategori. Sementara tiga kategori lainnya jimpitan, lingkungan berbudaya, dan lingkungan mandiri, RT 37 RW 7 jatuh ke lingkungan lain. (*).

Editor: Andri

RELATED NEWS