BOOSTER INCAR PULUHAN RIBU LANSIA

Andri - Jumat, 14 Januari 2022 17:50 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau booster bagi lansia

SURABAYA I halojatim.com - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster (penguat) mulai digencarkan di Kota Surabaya. Kegiatan yang dilaksanakan di Puskesmas dan Balai Rukun Warga (RW) itu menyasar 12 ribu warga lanjut usia (lansia).

"Kami adakan serentak, ada juga yang kami sasar ke rumah-rumah bagi yang tidak bisa hadir," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Nanik Sukristina.

Kata Nanik, vaksinasi booster untuk ketiga kali ini berjalan kondusif. Vaksin yang dipakai saat vaksinasi booster ini adalah jenis Pfizer. Sedangkan sasaran vaksinasi secara keseluruhan ada 80 ribu lansia se-Surabaya.
Proses vaksinasi ini sama seperti vaksin dosis satu dan dua, yaitu melalui proses skrining dan tubuh harus dalam kondisi fit. Tidak lupa menyampaikan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) ketat meskipun sudah dilakukan vaksinasi dosis ketiga.

"Tetap jaga prokes 5M, semua pakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Jangan lengah dan waspada," katanya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan vaksin booster ini diadakan di balai RW. Tujuannya agar para lansia tidak terlalu jauh pergi ke Puskesmas.

"Sebenarnya dari rumah ke rumah . Tapi banyak yang minta di balai RW, katanya biar seneng ketemu temannya, sesama lansia. Kalau lansia senang kan imunnya akan semakin bagus," kata Eri.

Setelah meninjau vaksinasi, Eri menyapa dan mendampingi beberapa lansia yang disuntik vaksin booster. Setelah menyapa beberapa lansia, kemudian ia sibuk mengatur kursi untuk antrean lansia yang baru datang. Tak segan, dia menuntun dan mempersilahkan lansia yang baru datang untuk duduk.(*)

RELATED NEWS