Artis Ashanty Akan Jadi Mahasiswa S3 di Universitas Airlangga

Asih - Minggu, 02 Juli 2023 05:37 WIB
Kartu peserta ujian masuk Ashanty untuk program Doktoral atau S3 Universitas Airlangga (Unair). (istimewa)

SURABAYA | halojatim.com – Ashanty, artis ibukota, akan menempuh kuliah S3 (Doktoral) di Universitas Airlangga (Unair) jurusan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM). Itu setelah istri Anang Hermansyah itu dinyatakan diterima di Sekolah Pasca Sarjana Unair tahun pendidikan 2023.

Sama seperti mahasiswa baru pada umumnya, istri musisi Anang Hermansyah tersebut harus mengikuti serangkaian tes untuk dapat masuk di perguruan tinggi negeri peringkat 345 terbaik di dunia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) tersebut.

Pakar Komunikasi Uair, Suko Widodo mengatakan Ashanty sempat berkonsultasi dan meminta saran padanya, termasuk diminta untuk membimbing selama mengikuti perkuliahan ke depan. Sebelum ikut tes, Suko dan Ashanty juga sempat berdiskusi terkait proposal serta rancangan disertasi yang kemudian disepakati masuk kuliah jurusan Pengembangan SDM.

BACA JUGA :

"Memang saya sarankan ikut pendaftaran sebagai mahasiswa baru sesuai prosedur, termasuk rangkaian tes. Alhamdulillah dinyatakan lulus dan diterima,” ujar Suko.

Diakui Suko, Ashanty punya pengalaman langsung dalam mengelola SDM, khususnya di bidang sosial. Ini tentunya sangat cocok dan sesuai dengan aktivitasnya.

Saat tes wawancara olehProf Fendi Suharyadi dari Sekolah Pasca Sarjana Suko menyarankan Ashanty untuk menyampaikan apa adanya yang sudah ditulis. Ceritakan juga pengalaman mengelola yayasan yang dimiliki sekarang. Saat ini, Ashanty memiliki Yayasan Sosial Passion of Love yang bergerak di bidang perempuan dan anak.

Suko menceritakan niat Ashanty ingin menempuh pendidikan program doktor. Saat itu, lanjut dia, Ashanty dan Anang yang menunaikan ibadah umrah bertemu dengan pengusaha ternama asal Jember Arum Sabil pada awal Ramadhan 1444 Hijriah.

Arum Sabil menyarankan kuliah di Unair. Kemudian Arum Sabil menghubungi Suko lewat video call langsung dari Tanah Suci ketika itu. Waktu itu Anang juga sempat berbicara dan bilang kalau Ashanty mau kuliah S3.

”Setelah kembali ke Tanah Air, saya, Mas Anang, dan Ashanty bersama Pak Arum Sabil berdiskusi tentang rencana kuliah. Sempat ingin mengambil jurusan bidang komunikasi, tapi melihat aktivitas Ashanty, saya sarankan ke Pengembangan SDM, dan mereka setuju,” tambah Suko.

Ashanty sendiri mengaku bangga bisa diterima kuliah S3 di Unair. Ashanty mengaku bangga sekaligus bahagia bisa mewujudkan impiannya mengecap pendidikan Strata 3.

"Alhamdulillah setelah tahap terakhir wawancara yang aku lakuin secara online saat aku di Bandara Jepang beberapa waktu lalu akhirnya aku kemarin terima pengumuman aku diterima di Universitas Airlangga Surabaya untuk program S3 Sumber Daya Manusia, itu yang aku senang banget," ungkap Ashanty.

Diakui Ashanty, suami dan keluarganya mendukung langkahnya mengejar pendidikan hingga nantinya bergelar doktor. Bahkan Ashanty menyebut suaminya sangat mendukung cita-cita yang diinginkannya.

Ashanty juga menyampaikan kemungkinan dengan bekal gelar doktor yang nanti diraihnya, ibu empat orang anak itu berencana akan mengajar.

Editor: Asih

RELATED NEWS