Apa yang Harus DiLakukan Jika Data Pribadi Bocor? Langsung Lakukan Ini

ifta - Kamis, 10 Agustus 2023 06:16 WIB

Ilustrasi Hacking

undefined

JAKARTA, Halojatim.com- Pertanyaan yang sering terlontar terkait data yang bocor adalah, apa yang harus dilakukan jika data pribadi kita bocor?

Kasus Bocornya jutaan data pribadi sudah beberapa kali terjadi di Indonesia. Bahkan data yang bocor ini terdapat nama, tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK), alamat, nama orang tua, serta rincian lainnya.

Data-data tersebut sangat mudah untuk mengakses bahkan ke rekening bank seseorang.

Dilansir ui.ac.id, Selasa, 8 Agustus 2023, pakar forensik komputer dan keamanan, Ir. Setiadi Yazid, dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), mengungkapkan kebocoran data terjadi ketika pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses dan menyalin data dengan memanfaatkan kelemahan atau celah dalam sistem, yang disebut kerentanan (vulnerability).

Ancaman terhadap data juga bisa muncul melalui manipulasi psikologis yang dikenal sebagai rekayasa sosial. Hal ini berarti para peretas bisa memanipulasi manusia untuk mendapatkan akses ke data yang pada dasarnya bersifat rahasia. Faktor manusia seperti kecerobohan juga dapat memicu kebocoran data, seperti menyimpan kata sandi di tempat yang rentan atau berbagi kata sandi dengan pihak lain.

Sebagai tindakan pencegahan, Setiadi merekomendasikan agar masyarakat menggunakan sistem keamanan ganda, menjawab pertanyaan verifikasi dengan jawaban yang lebih pribadi, serta secara rutin mengubah kata sandi.

Selain itu, masyarakat perlu memiliki rencana untuk menghadapi skenario buruk jika data pribadi mereka bocor. Hal mudah yang harus dilakukan jika data pribad bocor adalah?
Menutup rekening bank tertentu sesuai prosedur perbankan yang berlaku. Pihak bank dan pemerintah juga diharapkan mengambil langkah-langkah tambahan untuk mengurangi risiko peretasan, seperti mengubah pertanyaan keamanan menjadi lebih pribadi dan beragam.

Dengan demikian akses ke rekening bank calon korban juga sulit ditembus oleh hacker. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 09 Aug 2023

Bagikan

RELATED NEWS