Alumni FK Unair Angkatan 1995 Goes to Pondok Pesantren,  Ajak Santri Kenali dan Cegah Stunting

Asih - Senin, 30 Oktober 2023 12:09 WIB
Pengabdian masyarakat serentak yang dilakukan alumni FK Unair, salah satunya di pondok pesantren Yanabiul Ulum Wal-Hikam, Surabaya, Sabtu (28/10/2023).

SURABAYA | halojatim.com - Puluhan santri putra dan putri di pondok pesantren Yanabiul Ulum Wal-Hikam, tampak antusias mendengarkan paparan dr Virany Diana, SpA (K) di aula pondok, Sabtu (28/10/2023) sore.

"Ayo, coba lima anak yang duduk di depan berdiri bersama. Silakan dibandingkan tinggi badan masing," kata dr Virany.

Serempak, lima santri putra berdiri lalu melihat teman di sebelah masing-masing dan tertawa.
Virany menyebut, saat ini stunting perlu menjadi perhatian para remaja juga.

Lebih awal mengenali, lebih cepat menangani. Ia menyarankan konsumsi makanan yang tidak sehat diperbaiki dan memperbanyak protein sebagai salah satu sumber gizi yang berperan dalam pertumbuhan.

"Nanti kalau sudah jadi bapak atau ibu, juga harus memperhatikan ini. Kalau jumlah lauk tinggi protein terbatas, lebih baik memprioritaskan anak yang sedang mengalami tumbuh kembang," saran alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Angkatan 1995 itu.

Pengmas Serempak

Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada 28 Oktober 2023, secara serentak melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat diseluruh Indonesia sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema "Cegah Stunting Menuju Generasi Indonesia Sehat."

Salah satu yang terlibat adalah angkatan 1995. "Kami memilih pondok pesantren karena di pondok adalah tempat berkumpulnya generasi muda, usia di bawah 15 tahun. Masih ada waktu untuk memperbaiki stunting pada mereka sekaligus melakukan edukasi untuk mencegahnya karena mereka ini calon orang tua," kata Prof Dr Eighty Mardiyan K, dr, Sp.OG (K) yang turut terjun bertemu santri di pondok.

Selain edukasi oleh dr Virany, dr Febrian Renatasari, SpDV juga memberikan penjelasan tentang cara mencegah dan mengobati _
scabies. Ini merupakan jenis penyakit kulit yang banyak dialami santri di pondok.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan serah terima obat scabies bagi para santri.

Editor: Asih

RELATED NEWS