All New Ertiga Hybrid jadi Tulang Punggung Suzuki

Asih - Kamis, 27 Oktober 2022 06:55 WIB
All New Ertiga Hybrid yang jadi unggulan penjualan Suzuki.

SURABAYA | halojatim.com – Sepanjang bulan September 2022 PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) berhasil mencatatkan peningkatan angka penjualan retail kendaraan roda 4 sebesar 7% jika dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun lalu.

Sementara itu, apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, angka penjualan retail Suzuki juga mengalami peningkatan sebesar 1%.

Fakta menarik lainnya, yaitu jumlah penjualan retail Suzuki di September 2022 merupakan pencapaian yang tertinggi selama periode Januari-September 2022, yaitu dengan total sebesar 7.902 unit.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan September penjualan retail Suzuki mengalami peningkatan baik itu di kategori mobil penumpang maupun mobil niaga ringan.

"Di kategori mobil penumpang sendiri, penjualan retail Suzuki mengalami peningkatan sebesar 30% dibandingkan September 2021. Sedangkan jika dibandingkan bulan sebelumnya yaitu Agustus 2022, penjualan retail mobil penumpang Suzuki mengalami peningkatan sebesar 3%,," katanya.

Selama periode Januari sampai September 2022, retail sales dan whole sales Suzuki didominasi oleh kategori mobil niaga ringan yaitu sebesar 61% dan kategori mobil penumpang sebesar 39%. New Carry menjadi kontributor pertama dengan kontribusi sebesar 61%, disusul dengan XL7 sebesar 18% dan All New Ertiga Hybrid yang berkontribusi sebesar 12%.

Melihat All New Ertiga Hybrid yang baru diluncurkan pada Juni (10/6) lalu menjadi salah satu kontributor terbesar di penjualan retail Suzuki, membuktikan bahwa LMPV Hybrid pertama di Indonesia ini mendapat respon yang semakin positif dari masyarakat Indonesia.

Gunakan Teknologi Elektrifikasi

Hal tersebut banyak ditunjang faktor dari pembaruan All New Ertiga Hybrid yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi yaitu Teknologi Suzuki Smart Hybrid dan dilengkapi dengan berbagai fitur canggih yang membuat All New Ertiga Hybrid menjadi kendaraan yang lebih efisien dan ramah lingkungan.

Dalam teknologi Suzuki Smart Hybrid yang digunakan pada All New Ertiga Hybrid, Suzuki menyematkan ISG (Integrated Starter Generator) dan baterai Lithium-ion sebagai komponen utama dalam menunjang efisiensi berkendara. Peran ISG sebagai generator untuk menggerakan mesin, akan bekerja bersama baterai Lithium-ion dan accu untuk mengoptimalkan fitur efisiensi yaitu engine auto start-stop.

Fitur tersebut berfungsi untuk menon-aktifkan mesin saat pengendara berhenti sementara waktu misalnya seperti saat macet, sehingga dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Ketika pengendara akan melanjutkan perjalanannya, accu akan memberikan daya listrik kepada ISG untuk mengaktifkan mesin mobil kembali secara halus.

Baterai Lithium-ion juga akan menambahkan energi listrik kepada ISG yang akan diubah menjadi energi kinetik ketika dibutuhkan untuk meringankan kinerja putaran mesin saat berakselerasi, guna mencapai efisiensi mesin terbaik.

Dalam kondisi mesin non-aktif guna menghemat bahan bakar, baterai Lithium-ion dan accu akan menyuplai kelistrikan untuk menghidupkan beragam fitur di kendaraan, misalnya air conditioning (AC) sehingga kenyamanan di dalam kabin tetap terjaga.

Selain disematkannya teknologi terbaru, All New Ertiga Hybrid hadir dengan beragam fitur yang mampu memberikan pengalaman berkendara yang nyaman, salah satunya seperti fitur dan tampilan MID (Multi Information Display) terbaru yang lebih lengkap dan informatif.

Secara lebih spesifik, tampilan MID All New Ertiga Hybrid mampu membantu pengendara mengetahui seberapa efisien perjalanannya dengan menampilkan total waktu mesin non-aktif saat engine auto start stop bekerja dan total akumulasi bahan bakar yang berhasil dihemat selama perjalanan.

Dengan begitu, pengendara akan semakin mudah untuk menerapkan gaya berkendara yang efisien dan aman. Pengalaman berkendara menggunakan All New Ertiga Hybrid dan mencoba manfaat teknologi Suzuki Smart Hybrid dapat dengan mudah dirasakan oleh calon konsumen dengan memanfaatkan fasilitas test drive yang ada di jaringan diler Suzuki terdekat.

Editor: Asih

RELATED NEWS