5 Cara Bersihkan Kamera Ponsel yang Benar, Jangan pakai Tisu Apalagi Cairan Ini

ifta - Jumat, 28 Juli 2023 11:32 WIB
Kamera Ponsel Kotor Bikin Foto dan Video Tampak Kabur? Simak Cara Mengatasinya (Freepik)

JAKARTA, Halojatim.com- Kadang banyak yang salah kaprah dalam memberishkan layar kamera ponsel.

Bahkan ada yang fatal karena menggunakan kain yang kasar, sehingga membuat layar kamera tergores. Akibatnya foto atau video yang dihasilkan juga buram.

Karena itu tidak bisa sembarangan asal memberishkan kamera ponsel Anda.

Berikut ini 5 cara yang benar membersihkan lensa kamera ponsel Anda.

Cara membersihkan kamera ponsel

Anda perlu mengetahui cara membersihkan kamera ponsel dengan benar agar tidak menimbulkan kerusakan.

1. Lepaskan Ponsel dari Kabel Pengisi Daya

Sebelum itu, Anda perlu melakukan beberapa hal, seperti mematikan ponsel dan melepaskannya dari kabel pengisi daya. Hal tersebut harus dilakukan agar tombol yang ada di ponsel tidak tertekan secara tidak sengaja.

2. Gunakan Kain Mikrofiber yang Lembut

Anda bisa menggunakan kain mikrofiber lembut yang dapat menghilangkan kotoran dan sidik jari. Gunakan kain mikrofiber yang bersih dan kering untuk menyeka lensa. Pastikan menyeka lensa secara perlahan dengan gerakan melingkar.

Hindari menggunakan tisu atau handuk kertas karena kedua benda tersebut justru dapat menggores lensa kamera. Jika lensa kamera Anda sangat kotor, Anda bisa membasahi kain dengan sedikit air atau larutan pembersih lensa.

3. Gunakan Larutan Pembersih Lensa yang Baik

Jika lensa ponsel Anda masih kotor setelah diseka menggunakan kain mikrofiber, Anda dapat menggunakan larutan pembersih lensa yang dirancang khusus untuk lensa kamera. Oleskan sedikit larutan tersebut ke kain mikrober lalu seka lensa dengan lembut dengan gerakan melingkar.

4. Hindari Menggunakan Cairan Pembersih

Penting untuk menghindari penggunaan cairan pembersih yang biasa digunakan untuk membersihkan lantai atau bahan kimia keras lainnya. Hal ini karena cairan tersebut dapat merusak lapisan lensa dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki.

5. Gunakan Casing Ponsel Pelindung

Gunakan casing ponsel pelindung untuk membantu mencegah debu dan kotoran masuk ke lensa kamera Anda. Pastikan untuk memilih casing yang memiliki celah untuk lensa kamera dan bersihkan casing secara teratur untuk mencegah penumpukan kotoran. ***

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 28 Jul 2023

Bagikan

RELATED NEWS