4 Cara Membentuk Karakter Anak, Sering Ajak Ngobrol, hingga Sempatkan di Rumah

ifta - Kamis, 06 Juli 2023 06:51 WIB
Pengasuhan secara langsung oleh orang tua akan berkontibusi dalam membentuk karakter anak akan seperti apa (Freepik.com/area46studio)

Halojatim.com- Komunikasi hingga menyempatkan waktu luang bersama anak menjadi salahsatu faktor agar karakter anak bisa dibentuk oleh orangtua.

Kasih sayang menjadi salahsatu hal penting yang harus diberikan kepada anak.

Anak yang mendapat kasih sayang secara penuh akan mudah beradaptasi dan bersosialisasi dengan dunia luar secara emosional. Dikutip TrenAsia.com dari berbagai sumber Berikut beberapa tips membentuk karakter dengan kasih sayang penuh dari orang tua.

1. Maksimalkan waktu di rumah di tengah kesibukan

Meskipun jadwal sibuk, penting untuk membuat waktu di rumah untuk keluarga. Meluangkan waktu dengan bersosialisasi dengan keluarga dapat merangsang hubungan chemistry yang baik antara anak dan orang tua. Momen momen seperti bermain, bercanda, menyanyi Bersama, berkebun, dan hal hal kecil lain akan sangat berarti bagi tumbuh kembang anak.

2. Berikan anak tugas agar belajar tanggung jawab

Partisipasi anak-anak dalam kegiatan keluarga menumbuhkan rasa tanggung jawab sejak dini. Dengan melibatkan tugas tugas kecil seperti menyapu, menyiram tanaman, merapikan mainan dan lain lain kepada anak, akan merangsang rasa kerjasama dan saling memiliki antar sesama anggota keluarga. Dari tugas tugas kecil tersebut orangtua secara tidak langsung mengajarkan anak tentang hak dan kewajibannya. Sehingga anak akan lebih siap bila suatu saat terjun di masyarakat .

3. Luangkan waktu untuk liburan Bersama

Meluangkan waktu untuk liburan Bersama keluarga bermanfaat untuk mempererat hubungan dan rasa kepemilikan antara anggota keluarga . Bercengkrama selama liburan akan menjadi sebuah kenangan berharga bagi anak anak ketika dewasa nanti. Dengan membangun kenangan manis seperti liburan bersama, anak-anak akan tumbuh dalam situasi yang Bahagia.

4. Ciptakan keluarga yang komunikatif dengan mengajak ngobrol

Sering kali banyak kita temui anak remaja yang menutupi masalahnya dari keluarganya, atau remaja yang tidak terbuka dengan orang tuanya. Sebagai makhluk sosial manusia tentu butuh berinteraksi, orang tua yang sering mengajak berbicara kepada anaknya dari hati kehati sejak dini akan menimbulkan chemistry yang kuat antar angggota keluarga.

Komunikasi yang baik sejak dini akan menimbulkan kepercayaan yang luas seorang anak kepada orangtuanya. Sehingga bila dimasa depan seorang anak mengalami masalah dalam hidupnya keluarga akan menjadi tempat pertama untuk pulang.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Muhammad Imam Hatami pada 05 Jul 2023

RELATED NEWS