36 Unit Rumah Menteri di IKN Mulai Dirancang, Habiskan Rp493,75 Miliar

ifta - Jumat, 09 Juni 2023 08:21 WIB
Istana Presiden di IKN Nusantara.

JAKARTA, Halojatim.com - Sebanyak 36 unit rumah untuk para menteri kini dirancang dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan tersebut capai Rp493 miliar.

Rencana pembangunan untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dikebut. Terbaru Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelontorkan dana dukungan infrastruktur dasar pada 2023 Rp26,67 triliun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono merinci, dukungan infrastruktur dasar ini meliputi Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Day Air sebsar Rp1,13 triliun digunakan untuk frainase utama dan pengendalian banjir daerah aliran sungai (DAS) Sanggai.

"Untuk Ditjen sumber daya air juga digunakan untuk penyelesaian bendungan sepaku semoi, embung di kawasan inti pusat pemerintahan atau kipp dan juga untuk penyelesaian entake sungai sepaku," kata Basuki di Raker bersama DPR RI dilansir Jumat, 9 Juni 2023.

Basuki menambahkan untuk anggaran sebesar Rp9,72 triliun untuk Ditjen bina marga akan digunakan dalam pelaksanaan jalan kerja logistik KIPP, jalan sumbu kebangsaan sisi Timur dan sisi Barat, jalan tol IKN, pembangunan jalan lingkar sepaku, akses persemaian mentawir, pembangunan jembatan Pulau balang bentang pendek, pembangunan jalan akses bandara dan pembangunan dermaga logistik.

Sedangkan untuk Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR menggelontorkan dana sebesar RP11,58 triliun untuk pembangunan instalasi pengelolaan air, pembangunan sistem penyediaan air minum sepaku, jaringan perpipaan transmisi spam sepaku, pembangunan instalasi pengelolaan air limbah 1 2 dan 3 di IKN serta tempat pengelolaan sampah terpadu KIPP IKN .

Sementara untuk Ditjen Perumahan dialokasikan sebesar Rp4,2 triliun untuk pembangunan rumah tapak jabatan menteri dan pembangunan rumah susun ASN.

Basuki menjelaskan bahwa progres rumah tapak jabatan menteri di kawasan IKN hingga pekan keempat bulan Mei 2023 sudah mencapai 37,1% sedangkan pemerintah mentargetkan penyelesaiannya pada Juni 2024.

Nantinya dalam proyek ini kementerian PUPR membangun rumah tapak jabatan menteri sebanyak 36 unit dengan masing-masing tipe 480 M2 dengan luas lahan per unit seluas 1.000 meter persegi rencananya total anggaran secara tahun jamak sebesar Rp493,75 miliar.

Ditjen Bina Konstruksi dianggarkan sebesar Rp30 miliar untuk pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di iklan manajemen pengadaan barang dan jasa terkait UKM.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 09 Jun 2023

Bagikan

RELATED NEWS