110 RS RUJUKAN DI JATIM TANPA PASIEN COVID

Andri - Jumat, 01 Oktober 2021 21:45 WIB
Ilustrasi rumah sakit.

Perkembangan pandemi Covid-19 di Jatim semakin melandai. Tercatat 110 rumah sakit rujukan Covid-19 sudah tidak memiliki pasien terinfeksi virus corona per awal Oktober 2021.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengatakan data itu diperoleh dari Kementerian Kesehatan yang dilansir secara daring tertanggal 30 September 2021. "Total ada sebanyak 164 rumah sakit rujukan Covid-19 di Jatim. Berdasarkan data Kementerian Kesehatan per tanggal 30 September kemarin, Intensive Care Unit atau ICU Covid-19 pada 110 rumah sakit rujukan sudah berada pada angka nol pasien," katanya kepada wartawan.

Hal itu, kata dia, berarti sebanyak 67 persen rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur memiliki nol pasien. Khofifah mengatakan Kementerian Kesehatan juga mengumumkan isolasi pasien Covid-19 di sebanyak 52 rumah sakit rujukan di wilayah Jawa Timur nol pasien.

"Artinya ada sebanyak 31 persen rumah sakit rujukan yang isolasinya nol pasien. Itu salah satunya di Rumah Sakit Darurat Lapangan Indrapura Surabaya," katanya

Berdasarkan data itu, Khofifah menyatakan keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) pasien Covid-19 di wilayah Jawa Timur telah berada di bawah standar minimal 60 persen. Sebagaimana ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO).

"Meski BOR berada di bawah standar yang ditetapkan WHO, namun saya mohon tetap waspada dan diikuti dengan disiplin protokol kesehatan serta percepatan vaksinasi," kata Khofifah.

Khofifah mengatakan terima kasih atas kerja keras, sinergi, doa, serta kolaborasi dari tenaga kesehatan, Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat yang telah bergotong royong ikut mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19. (*)

RELATED NEWS