Warga di 98 Desa Ini Bisa Jajal Kereta Cepat Gratis, Ada Jatah 2.200 Kursi

Jumat, 15 September 2023 17:36 WIB

Penulis:ifta

Penampakan fisik Kereta Cepat Jakata-Bandung (KCJB) dan aktifitas para pekerja di Depo Tegalluar Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin 22 Mei 2023.
Penampakan fisik Kereta Cepat Jakata-Bandung (KCJB) dan aktifitas para pekerja di Depo Tegalluar Kabupaten Bandung Jawa Barat, Senin 22 Mei 2023. (Foto : Panji Asmoro/TrenAsia)

JAKARTA, Halojatim.com - Warga yang bermukim di 98 desa ini bisa menggunakan Kereta Cepat secara gratis.

Pemerintah menyediakan 2.200 kursi untuk menggunakan layanan kereta cepat secara gratis tersebut.  

Lalu kapan waktunya? 

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai melakukan uji coba mengangkut penumpang secara gratis mulai 15 September 2023. Uji coba tersebut ditujukan kepada para warga sekitar proyek yang terdampak kereta cepat. 

Uji coba tersebut menyusul terbitnya izin operasional oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Kamis, 14 September 2023. Keterlibatan masyarakat dalam uji coba akan dilakukan hingga akhir September 2023. 

"Akan terus dilakukan hingga 30 September 2023,” ujar Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa, Jumat 15 September 2023.

Pemberian kesempatan kepada masyarakat sekitar proyek untuk menjajal kereta cepat secara cuma-cuma tersebut bukanlah tanpa sebab. Pasalnya hal itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi KCIC kepada masyarakat sekitar proyek yang telah memberikan dukungan sehingga dapat berjalan lancar.

Dalam uji coba tersebut, tersedia hingga 2.200 kursi yang disediakan oleh KCIC. 

“Selama masa ujicoba setiap hari nya akan terdapat sekitar 2.200 ketersediaan tempat duduk,” ujar Eva. Setiap harinya, terdapat empat kali perjalanan Pulang Pergi (PP) dari Halim dan Tegalluar sehingga total terdapat delapan perjalanan. 

Terkait warga yang dapat mengikuti uji coba gratis tersebut, KCIC telah melakukan pendataan terhadap 98 desa/ kelurahan dari 32 kecamatan yang tersebar di 9 kota/ kabupaten di sepanjang jalur kereta cepat. Mereka yang masuk dalam daftar dapat mengikuti uji coba dengan jadwal khusus yang telah ditentutkan oleh KCIC.

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Khafidz Abdulah Budianto pada 15 Sep 2023