VAR Tak Bisa Banyak Bantu, Shin Tae-yong Soroti Kinerja Wasit di Laga Timnas Indonesia vs Irak

Selasa, 16 Januari 2024 08:48 WIB

Penulis:ifta

IMG_3216.jpeg

JAKARTA, Halojatim.com- Kritikan keras dilayangkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong kepada wasit kala skuatnya menghadapai Timnas Irak.

Keberadaan video rekaman pertandingan atau VAR lengkap dengan para asisten wasit yang mengawasi tidak banyak menjamin laga berlangsung tanpa kesalahan.

Dalam laga Grup D Piala Asia 2023 antara Indonesia dan Irak berakhir, gol kedua Irak menuai kontroversi.

Timnas Indonesia takluk 1-3 dari Irak di laga perdana tersebut.

Usai laga, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengkritik wasit Ilgiz Tantashev dari Uzbekistan yang memimpin laga di Ahmed bin Ali Stadium, Doha, Qatar, pada Senin, 15 Januari 2024. Menurutnya, gol kedua Irak yang dicetak Osama Rashid tidak sah karena telah lebih dulu terjadi pelanggaran offside.

"Saya ingin menyinggung soal gol kedua (Irak). Bagi kami itu tak bisa diterima karena itu 100 persen offside," ujar dia dalam sesi jumpa pers usai pertandingan dikutip dari keterangan tim media PSSI.

Shin Tae-yong merasa kejadian ini menciptakan situasi memalukan dan berpotensi menurunkan standar sepak bola Asia. Menurutnya, dengan semua teknologi yang diterapkan di Piala Asia 2023, insiden semacam itu seharusnya bisa dihindari.

Di sisi lain, dia menyatakan bahwa gol tersebut berdampak pada perkembangan pertandingan karena sebelumnya Indonesia mulai memperlihatkan peningkatan setelah menyamakan kedudukan.

"Jika jenis kesalahan keputusan seperti ini dari wasit terjadi, hal ini dapat menurunkan citra dan tingkat kredibilitas sepak bola Asia. Terjadinya gol kedua sangat memalukan karena itu momen yang krusial untuk pertandingan ini," tuturnya.

Meski protes, mantan pelatih timnas Korea Selatan itu menerima kekalahan, namun juga cukup menyayangkan kejadian tersebut.  "Saya tetap mengakui kekalahan atas Irak, tetapi kecelakaan ini seharusnya tidak terjadi,” paparnya. ***

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Alvin Pasza Bagaskara pada 16 Jan 2024