USTON TINGGALKAN PERSEBAYA SAAT PERSIAPAN HADAPI PERSIJA

Senin, 04 Desember 2023 11:50 WIB

Penulis:Andri

A-BAYA USTON.jpg
Uston Nawawi saat mndampingi Persebaya Surabaya

SURABAYA I halojatim.com - Persebaya Surabaya ditinggal Uston Nawawi. Padahal, kesebelaasan ini akan menghadapi bigh match Liga 1 2023/2024 melawan Persija Jakarta pada Sabtu (9/12/2023).

 

Uston pun tak terlihat dalam latihan. Ke mana dia? Namun perginya Uston ini bukan karena dia dipecat manajemen Persebaya setelah gagal membawa Persebaya mengalahkan RANS Nusantara di Sleman pada Jumat (1/12/2023).

 

Hasil yang membuat Persebaya belum pernah menang dalam lima pertandingan terakhir. Berbanding jauh dengan ketika masa karateker Uston yang pertama. Saat mengisi posisi yang ditinggalkan Aji Santoso yang mundur, Persebaya memetik lima kali kemenangan di tangannya.

 

Namun setelah itu, manajemen Persebaya lebih memilih mendatangkan pelatih asal Spanyol Josep Gombau untuk mengganti Aji. Uston pun kembali menjadi asisten pelatih. Ternyata di tangan pelatih luar negeri itu, bukan semakin membaik tapi malah sebaliknya.

 

Ujung-ujungnya Gombau dipecat. Uston untuk kedua kali menjadi pelatih sementara. Lalu mengapa sekarang Uston malah pergi padahal dia sangat dibutuhkan Persebaya.

 

Ternyata, Uston melanjutkan kursus lisensi A Pro yang diambilnya. Lisensi yang dikejarnya itu masih menyisakan dua modul dan dilaksanakan di Jakarta.

 

Jika lulus, Uston bisa menjadi pelatih kepada di klub Liga 1 termasuk Persebaya. Sebab, PSSI mengharuskan pelatih yang menjadi nakhoda di kompetisi tertinggi itu harus berlisensi A Pro. (*)