UNIVERSITAS JEMBER TAMBAH DELAPAN GURU BESAR

Kamis, 01 Februari 2024 10:20 WIB

Penulis:Andri

Editor:Andri

A-UNEJ.jpg
Universitas Jember yang baru saja menambah guru besar

JEMBER I halojatim.com - Guru besar di Universitas Jember bertambah. Perguruan tinggi itu baru saja mengukuhkan delapan guru besar sekaligus pada 29 Januari 2024, sehingga jumlah profesor di perguruan tinggi negeri (PTN) di bagian timur Pulau Jawa itu terus bertambah menjadi 74 orang.

 

 

Keberadaan guru besar dalam rumpun sosial humaniora yang dikukuhkan tersebut mencerminkan komitmen kampus setempat untuk terus menghadirkan kepakaran yang tidak hanya melibatkan aspek teknis dan sains, tetapi juga aspek-aspek sosial dan kemanusiaan yang mendalam. Penambahan delapan guru besar tersebut juga akan menjadi tambahan energi bagi kampus di Jember yang akan bertransformasi menjadi PTN-Berbadan Hukum.

 

 

Rektor Unej Iwan Taruna mengatakan  bahwa tambahan delapan guru besar itu akan meningkatkan rekognisi dan reputasi kampus setempat. Sehingga pihaknya meminta semua guru besar terus meningkatkan karya dan inovasi dalam kerangka Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bermanfaat langsung bagi masyarakat.

 

 

Mengemban amanah sebagai guru besar tidaklah mudah karena guru besar adalah motor penggerak bagi perguruan tinggi. Jumlah guru besar mampu mendongkrak nilai akreditasi pada sebuah kampus. Semakin banyak guru besar, maka akan semakin dekat juga sebuah universitas untuk mendapatkan akreditasi "unggul".

 

 

Para guru besar itu diharapkan selalu menjaga idealisme sebagai pendidik yang bertugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kemudian juga dituntut untuk mengedepankan integritas, jujur, konsisten dan objektif, serta menjadi teladan bagi kolega dosen dan mahasiswanya. (*)

 

Tags:#unej