TES PCR DI SURABAYA IKUT TURUN

Jumat, 27 Agustus 2021 21:45 WIB

Penulis:Andri

A-PCR.jpg
Salah satu rumah sakit di Surabaya yang mengadakan Test PCR

Test usap PCR di Surabaya turun. Sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tarifnya menjadi Rp495 ribu

"Saya memastikan bahwa harga tes usap PCR di Surabaya sudah turun sesuai ketentuan Kemenkes," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji.

Kata Armuji, semenjak Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan agar harga tes usap PCR diturunkan, kini layanan tersebut menjadi setengah harga dibanding sebelumnya. Bahkan, kata  dia, Kementerian Kesehatan telah menetapkan tarif tertinggi pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) Rp495 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali dan Rp525 ribu untuk luar Pulau Jawa dan Bali.

Tarif tersebut ditetapkan melalui Surat Edaran Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Nomor HK.02.02/I/2845/2021 tentang Batas Tarif Tertinggi Pemeriksaan Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Armuji mengatakan  bahwa makin terjangkaunya tarif usap PCR akan membuat presentasi testing di Kota Surabaya semakin tinggi sehingga tracing dan mitigasi pengendalian infeksi Covid-19 lebih terkendali.

Selain itu, kata Armuji, menurunnya angka infeksi Covid-19 dapat terus dipertahankan sehingga Kota Surabaya menjadi zona hijau. Walaupun dalam peta risiko Surabaya menjadi zona oranye, tetap secara berkala akan dimantapkan testing, tracing dan therapy.

''Kebijakan layanan kesehatan disiapkan secara matang dan long term untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan," kata Armuji.

Dia mengatakan kebijakan turunnya tarif tes PCR disambut baik oleh berbagai pihak, serta berharap agar selanjutnya untuk obat-obatan juga dapat dipastikan stok persediannya aman dan harga terjangkau. (*)