Tanah Longsor di Jember, Akses Desa Ini Tertutup Bongkahan Batu Besar

Rabu, 01 Maret 2023 23:18 WIB

Penulis:ifta

Screenshot 2023-03-01 231705.png
Tanah Longsor di Jember, Akses Dua Desa Ini Tertutup Material Tanah

Jember, Halojatim.com- Akses yang menghubungkan Desa Mulyorejo dengan Desa Pace di Kabupaten Jember, tertutup akibat bencana longsor pada Rabu (1/3).

Tercatat selama sepekan terakhir ini sudah terjadi dua kali longsoran, yakni pada 12 Februari 2023 dan 28 Februari 2023 saat hujan deras mengguyur kawasan setempat.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut lantaran saat longsor terjadi tidak ada kendaraan atau warga yang berada di sekitar lokasi kejadian.

"Terjadi bencana alam tanah longsor di jalan masuk Desa Mulyorejo tepatnya di bawah pintu masuk PTPN XII Kebun Silosanen Desa Mulyorejo, Kecamatan Silo," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo, dikutip dari laman Antara pada Rabu (1/3).

"Tim dan warga melakukan pembersihan untuk membuka akses jalan sementara, namun untuk membuka akses jalan antardesa itu harus menunggu alat berat karena material longsornya berupa bongkahan batu besar," katanya.

Heru mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya saat hujan deras mengguyur sejumlah kawasan yang rawan terjadi tanah longsor di beberapa kecamatan, termasuk di Kecamatan Silo.

"Bencana longsor di petak 17 tersebut sudah terjadi tiga kali sejak Februari hingga awal Maret 2023 karena memang kontur tanahnya yang labil dan rawan longsor," ungkapnya. ***